Home Kesehatan

Sering Dianggap Berbahaya, Ternyata Kopi Punya Manfaat Positif!

Ternyata, kopi memberikan banyak manfaat, loh. Ini dia manfaatnya!

347
0
SHARE

Zaman sekarang kopi menjadi minuman wajib para milenial. Hampir setiap hari mereka mengonsumsi minuman ini baik membeli secara online maupun sambil kumpul di kafe kopi bersama teman. Namun banyak orang yang menganggap minuman ini tidak baik untuk kesehatan karena biasanya mengandung tinggi gula dan susu, sehingga jika dikonsumsi terlalu sering berisiko menaikkan kadar gula darah. Itulah sebabnya, para pencinta kopi ini sangat disarankan untuk melakukan cek gula darah secara rutin.

manfaat kopi
source : kompas

Memang, kopi yang dicampur dengan tinggi gula dan susu bisa berisiko meningkatkan kadar gula darah. Namun, tahukah kamu bahwa jika kamu mengonsumsi kopi dengan cara yang tepat sebenarnya minuman ini memiliki banyak manfaat? Berikut ini di antaranya:

  1. Meningkatkan konsentrasi. Untuk kamu yang senang minum kopi sebelum mulai beraktivitas, ada berita baik untukmu, nih. Menurut jurnal Nature Neuroscience, kafein mampu meningkatkan kinerja seseorang selama 24 jam dengan cara meningkatkan konsolidasi memori jangka panjang pada manusia. Kafein yang terkandung di dalam kopi bisa membantu kamu lebih waspada, serta lebih berkonsentrasi pada pekerjaan. Tak hanya itu, kopi yang dikonsumsi juga bisa meningkatkan kualitas memori serta memperbaiki suasana hati. Tidak heran ya jika kamu seringkali merasa lebih semangat setelah minum kopi di pagi hari!
  2. Mengurangi stres. Banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan dalam satu waktu memang bisa membuat siapa pun mudah stres. Namun demikian, menurut Harvard School of Public Health, seseorang yang minum dua hingga tiga cangkir perhari, ternyata mengalami penurunan stres sebanyak 45%. Hal ini terjadi karena adanya efek stimulan kafein yang membantu meningkatkan suasana hati. Alhasil, minum kopi memiliki dampak positif untuk otak kamu karena bisa menjaga emosi tetap stabil serta mengurangi pikiran-pikiran buruk.
  3. Sumber antioksidan. Beth Witherspoon, konsultan diet asal Amerika Serikat, menyatakan bahwa konsumsi kopi secara rutin bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2, parkinson, demensia, hingga beberapa jenis kanker. Sebab dalam kafein terkandung antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak sehingga bisa membantu mencegah penyakit tersebut. Disarankan untuk mengonsumsi kopi tanpa ditambah krimer atau susu, serta menggunakan gula secukupnya saja.

Nah, ternyata banyak juga ya manfaat yang bisa didapatkan dengan minum kopi. Namun demikian, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi kopi seenaknya. Tetap jaga konsumsi kopi harian dan jangan meminumnya berlebihan. Kalau ragu mengenai jumlah konsumsi kopi harian, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk informasi lebih lanjut. Semoga membantu, ya!