Home Food & Culinary

Selain Kue Kering, Camilan Ini Cocok Dibuat Saat Lebaran!

Tak hanya membuat kue kering, ketika Lebaran nanti kamu juga bisa membuat beberapa camilan enak ini. Silakan dibuat, ya!

35
0
SHARE

Lebaran memang identik dengan kue kering bercita rasa manis. Padahal, tidak hanya kue kering manis, masih banyak camilan enak lainnya yang bisa kamu sajikan ketika Lebaran seperti beberapa camilan gurih dan renyah berikut ini. Selain mudah dibuat, bahan-bahan pembuat camilan tersebut juga bisa ditemukan di toko bahan kue sehingga tidak akan menyulitkanmu.

Lantas, camilan enak mana sajakah yang bisa dibuat saat Lebaran nanti? Mari, langsung simak pembahasannya di bawah ini!

  • Kacang telur
camilan saat Lebaran
source : google

Kamu pasti pernah memakan kacang telur? Rasanya yang renyah ditambah dengan gurihnya kacang, membuat camilan ini sangat direkomendasikan untuk dibuat ketika Lebaran. Yang menarik, bahan yang dibutuhkan untuk membuat camilan satu ini tidaklah banyak seperti kacang tanah yang dikupas 150gr, telur 1 butir, bawang putih 2 siung (haluskan), gula halus 30 gr, garam ¼ sdt, tepung terigu 80 gr, tepung tapioka 20 gr.

Cara membuatnya juga mudah, tinggal menyangrai kacang tanah hingga ¾ matang dan biarkan dingin. Lalu, campurkan bawang putih, kacang, bawang putih, gula halus, dan garam. Selanjutnya, campur tepung terigu dan tapioka di tempat terpisah. Kemudian, masukkan kacang ke dalam dua tepung tersebut dan ketuk-ketuk agar tidak terlalu banyak tempelan tepung. Berikutnya, tinggal menggoreng kacang dengan api sedang dan goreng hingga kecokelatan.

  • Biji ketapang
camilan saat Lebaran
source : cookpad

Selain itu, kamu juga bisa membuat biji ketapang yang berasal dari Betawi. Cita rasa dari camilan satu ini begitu renyah dan gurih sehingga cocok dijadikan sebagai pelengkap toples kue. Nah, untuk bahannya kamu harus menyiapkan tepung terigu sekitar 120gr, tepung tapioka 50gr, gula pasir 50gr, kelapa parut 60 gr (sangrai kering), telur 1 butir, santan kental instan 1 sdm, margarin 2sdm (cairkan), vanilla bubuk ¼ sdt.

Proses pembuatan, pertama campurkan vanilla bubuk, kelapa sangrai, tapioka, dan tepung terigu kemudian aduk hingga merata. Lubangi campuran adonan, lalu masukkan margarin cair, santan, telur dan aduk hingga merata. Selanjutnya, ambil adonan secukupnya bentuk menjadi silinder dan iris serong sekitar 2 cm. Irislah hingga bahan habis, barulah adonan digoreng hingga kecokelatan.

  • Cheese Stick
camilan saat Lebaran
source : sajiansedap

Untuk kamu yang suka keju, maka disarankan membuat cheese stick. Rasa asin dari keju dan campuran bahan lainnya membuat camilan satu ini menghasilkan rasa yang sangat gurih. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat camilan ini adalah tepung terigu 150gr, tepung sagu 100gr, garam ½ sdt garam, kaldu bubuk ½ sdt, telur 2 butir, margarin 15gr, keju cheddar 125gr, air secukupnya.

Cara membuat camilan ini adalah campurkan keju, kaldu bubuk, garam, sagu, tepung terigu dan aduk hingga rata. Lalu, masukkan telur dan margarin aduk lagi sampai adonan kalis. Namun, jika adonan tersebut terasa kering maka tambahkan sedikit air, kemudian gilas adonan sampai tipis dan bentuklah menyerupai stick, selanjutnya goreng dengan api kecil hingga kuning keemasan.

Bagaimana? Tertarik membuatnya ketika Lebaran nanti?

LEAVE A REPLY