Home Liburan

Etika yang Harus Diterapkan Saat Berwisata Alam

Saat wisata alam, baiknya perhatikan beberapa etika ini. Tujuannya, agar kamu tidak merusak alam nantinya!

27
0
SHARE
etika saat wisata alam
source : travelingyuk

Melihat keindahan alam secara langsung memang menjadi suatu momen yang menakjubkan. Namun untuk merayakan momen tersebut, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yakni bagaimana kita bisa menikmatinya tanpa harus melakukan kerusakan sedikit pun. Seperti saat mengikuti paket liburan ke Komodo Island, misalnya. Pastikan kamu mematuhi peraturan yang ada dan jangan sampai melakukan hal-hal ceroboh yang dapat mengurangi keindahan tempat tersebut. Nah, sebenarnya, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat berwisata alam agar keindahannya tetap terjaga. Sebelum pergi berlibur, jangan lupa ingat-ingat etika berwisata alam di bawah ini!

  • Bawa kantung sampah

Menjaga kebersihan tempat wisata sudah menjadi etika paling basic yang seharusnya sudah diketahui semua orang. Namun terkadang masih ada saja orang-orang yang membuang sampah sembarangan dengan alasan tidak tersedia tempat sampah. Jika memang demikian, maka gunakan sedikit inisiatifmu: bawa kantung sampah sendiri kemudian buanglah ketika menemukan tempat sampah.

  • Pahami dan patuhi aturan tempat wisata setempat

Setiap wisata alam memiliki peraturan yang berbeda-beda. Peraturan ini bukan dibuat untuk dilanggar tapi untuk dipatuhi. Oleh sebab itu, pahami peraturan wilayah setempat dan patuhi dengan baik. Jika peraturan melarang kamu merokok atau mengonsumsi makanan dan minuman, maka patuhilah. Jika kamu tidak boleh masuk ke beberapa tempat tertentu, maka jangan masuk ke tempat tersebut. Sebenarnya mematuhi peraturan setempat itu cukup mudah dan simpel kok!

  • Ambil foto dengan hati-hati

Terkadang beberapa pemandangan alam begitu indah untuk dilewatkan begitu saja. Untuk itu, banyak wisatawan mengabadikan pemandangan tersebut dengan kameranya. Namun ingat, mengambil foto pemandangan alam juga harus hati-hati. Jangan sampai menginjak rumput atau merusak properti yang ada di sekitarnya.

  • Bantu promosikan tempat wisata

Mungkin banyak yang tidak setuju dengan anggapan ini, terutama jika sudah menyangkut tempat wisata yang tersembunyi. Namun, mempromosikan tempat wisata ternyata banyak manfaatnya. Foto-foto yang kamu post di media sosial dapat membantu peneliti untuk mengetahui keadaan lokasi tersebut secara up to date. Mempromosikan tempat wisata juga bisa mendatangkan keuntungan bagi penduduk lokal dan negara.

Nah, itu dia beberapa etika yang perlu kamu terapkan saat berlibur ke tempat wisata alam. Jangan segan-segan untuk saling mengingatkan hal ini dengan wisatawan lainnya ya! (Rima)

LEAVE A REPLY