Home Mobil

Menilik Biaya Servis AC Mobil Berdasarkan Jenis Kerusakan

Mau memperbaiki AC mobil? Cari tahu dulu biaya yang harus dikeluarkan!

114
0
SHARE
memperbaiki AC mobil
source : rotary Bintaro

AC merupakan peranan penting dari mobil. Selain komponen AC yang tidak bisa terpisah dari kendaraan, AC yang rusak juga merupakan pertanda adanya masalah pada komponen mobil lain. Untuk itu, kesehatan AC mobil perlu dijaga dengan baik, sama halnya dengan menjaga mesin mobil. Namun, banyak orang lupa untuk memerhatikan komponen mobil lain dan lebih fokus merawat mesin. Padahal, walau mobil menggunakan oli mesin terbaik sekalipun, jika komponen seperti AC tidak terawat, performa mobil pada akhirnya akan menurun juga.

Apa hal yang harus segera dilakukan jika AC mobil rusak?

Namun, jika AC mobil sudah terlanjur bermasalah, satu-satunya pilihan adalah membawanya servis ke bengkel yang terpercaya. Pasalnya, perbaikan AC mobil ini cukup berisiko. Jika tidak ditangani dengan ahli yang disertai dengan teknologi canggih, kemungkinan AC mobil akan kembali bermasalah dalam waktu dekat. Bahkan parahnya, komponen lain pada AC mobil Anda juga bisa ikut rusak.

Berapa estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk servis AC mobil?

Setiap bengkel menyediakan harga yang bervariasi untuk servis mobil – tergantung dengan jenis kerusakannya. Tenang saja, di bawah ini terdapat perkiraan biaya perbaikan AC sesuai dengan jenis kerusakannya yang telah dirangkum dari doktermobil.

  • Freon cepat habis

Biasanya masalah AC disebabkan oleh freon yang cepat habis. Untuk mengatasi kebocoran freon, biaya yang dikeluarkan kira-kira sekitar 100-400 ribu. Sedangkan untuk mengisi freon kembali, ditambah biaya lagi sekitar 150-350 ribu. Jadi jika perlu dilakukan kedua prosedur tersebut, kira-kira biaya yang diperlukan adalah 250-750 ribu.

  • Bau tidak sedap

Selain freon yang cepat habis, AC yang rusak juga kerap menghilangkan bau tidak sedap. Untuk sekadar mengecek penyebab kerusakan ini, bisa dikenakan biaya 200 ribu atau tidak sama sekali, tergantung kebijakan bengkel. Sedangkan untuk membersihkan AC, biayanya sekitar 100 ribu-an.

  • AC tidak bisa nyala

Biasanya AC yang tidak nyala disebabkan oleh spare part yang rusak, seperti kompresor misalnya. Jika harus mengganti kompresor, biaya yang harus dikeluarkan berkisar 300 ribu hingga 2 juta.

Itulah estimasi biaya yang harus Anda keluarkan untuk memperbaiki AC mobil yang rusak. Estimasi ini dapat juga dijadikan sebagai tolak ukur harga ketika Anda pergi ke bengkel. Semoga membantu!