Home Mobil

Segera Lakukan Ini Ketika Mobil Terbakar

Ini dia tips mengatasi mobil terbakar yang bisa diterapkan. Simak, yuk!

215
0
SHARE
mobil terbakar
source : GridOto

Masalah mobil terbakar bisa terjadi akibat berbagai hal. Seperti korsleting listrik, overheat, dan sebagainya. Bagi Anda yang sudah melengkapi asuransi mobil dengan perlindungan kebakaran, mungkin tidak perlu khawatir dengan biaya perbaikannya. Sebab, perusahaan asuransi yang akan menanggung hal tersebut. Meskipun begitu, tentunya pada saat mobil terbakar Anda tidak bisa membiarkannya begitu saja hingga api padam, kan?

Lalu, apakah yang sebaiknya dilakukan?

Tentu saja, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyelamatkan diri dengan menjauh dulu dari mobil. Hal ini untuk mencegah kemungkin Anda mengalami luka parah akibat terkena ledakan yang mungkin terjadi. Namun, jika kebakaran mobil masih sangat kecil dan kondisinya memungkinkan, segera matikan mesin sebelum menjauh dari mobil.

Dengan mematikan mesin mobil, maka mesin akan berhenti bekerja dan mengurangi suhu tinggi pada mobil. Selain itu, baik oli maupun bensin akan kembali ke tangkinya sehingga dapat mencegah kemungkinan terjadinya ledakan.

Jika Anda sudah memiliki alat pemadam kebakaran portable, tidak masalah jika Anda ingin coba mematikannya api ini sendiri. Namun sebelum melakukannya, cobalah untuk menganalisa terlebih dahulu sumber dari api pada mobil. Sebab, berbeda penyebabnya akan berbeda juga cairan atau zat yang harus digunakan untuk memadamkan api. Misalnya, jika penyebab kebakaran adalah karena baterai, sangat disarankan untuk menggunakan air dalam pemadamannya. Sementara alat pemadam umumnya menggunakan foam. Jadi, jika penyebabnya adalah hal tersebut, ada baiknya jika Anda menyemprotkan air dalam jumlah banyak pada bagian yang terbakar.

Namun yang perlu diingat adalah, Anda boleh mencoba mengatasinya sendiri jika api yang menyala hanyalah api kecil dan Anda sudah memastikan keamanannya (tidak ada risiko ledakan). Jika Anda tidak yakin, ada baiknya Anda segera menghubungi pemadam kebakaran agar bisa ditangani dengan cara yang tepat.

Sambil menunggu petugas pemadam kebakaran datang, sebaiknya periksa area sekeliling mobil untuk memastikan bahwa tidak ada benda mudah terbakar di lokasi tersebut. Jika Anda menemukan adanya benda-benda seperti itu dan masih memungkinkan untuk disingkirkan, segera singkirkan. Sebab jika benda-benda tersebut tidak disingkirkan, maka akan berisiko menimbulkan ledakan yang tentunya semakin memperparah kondisi.

Semoga informasi di atas bermanfaat! (Vita)