Home Kesehatan

Seberapa Pentingkah Mengonsumsi Air Putih Bagi Tubuh?

Yuk, rajin konsumsi air putih supaya tubuh tetap sehat!

179
0
SHARE

Minum air putih memang kelihatannya adalah hal yang sepele. Namun, tanpa minum air putih secara rutin, kesehatan tubuh bisa terganggu. Apalagi ditambah dengan kebiasaan minum minuman berperisa seperti minuman kemasan, soda, dan lain-lain. Bisa-bisa kebiasaan buruk ini mengancam kesehatan tubuh dan membuat Anda terpaksa mengajukan Allianz Klaim karena harus berobat.

manfaat meminum air putih
source : hello sehat

Air putih berperan penting untuk menjaga kesegaran tubuh, melindungi jaringan tubuh, mencegah dehidrasi, bahkan menjaga kulit tetap lembab. Sedangkan, minuman berperisa biasanya mengandung gula dan kalori yang tinggi sehigga tida dianjurkan untuk sering dikonsumsi. Nah, masalahnya, masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya mengonsumsi air putih secara rutin dan lebih sering mengonsumsi minuman berperisa karena rasanya yang lebih enak. Padahal, air putih punya segudang manfaat bagi tubuh, berikut penjelasan selengkapnya:

  • Detoksifikasi

Sebagian orang mungkin akan merasa kembung dan tidak nyaman jika bangun tidur langsung mengonsumsi air putih. Namun, jika sudah terbiasa, minum air putih di pagi hari langsung setelah bangun tidur akan terasa sangat menyegarkan. Pasalnya, mengonsumsi air putih di pagi hari dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

  • Melancarkan saluran pencernaan

Mengonsumsi air putih juga baik untuk metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang meningkat, tentunya sistem pencernaan juga dapat terbantu. Saluran pencernaan pun dapat menyerap nutrisi dengan lancar dan optimal.

  • Memelihara fungsi ginjal

Ketika cairan tubuh tercukupi, urin dapat mengalir dengan lancar. Dengan begitu, racun dalam tubuh yang berbentuk nitrogen urea darah (sejenis cairan lewat ginjal yang dikeluarkan dalam bentuk urin) dapat terbuang dengan lancar.

  • Mengoptimalkan kerja otot

Jika tidak tercukupi dengan cairan tubuh, maka sel-sel otot tidak bisa mempertahankan cairan dan sel elektrolit. Hal ini bisa menyebabkan otot mudah lelah dan tidak berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, konsumsilah air yang banyak saat berolahraga.

  • Membuat kulit lebih bercahaya

Kesehatan kulit sangat dipengaruhi dengan cairan tubuh. Sebab, kulit mengandung banyak air dan berfungsi untuk mencegah hilangnya cairan tubuh. Tanpa cairan yang cukup, kulit bisa menjadi kering dan mudah keriput.

Jadi, sekarang sudah tahu kan betapa pentingnya mengonsumsi air putih secara rutin? Bagi wanita, konsumsilah air putih sebanyak 2,6 liter dan sebanyak 3,7 setiap hari untuk pria. Semoga bermanfaat! (Rima)