Home Mobil

Tips Memilih Aki Mobil yang Bagus

Sebelum membeli oki untuk mobil, ketahui dulu beberapa hal penting berikut ini, check it out!

54
0
SHARE

Aki merupakan sumber utama kelistrikan yang ada pada mobil, baik mobil besar seperti Truk Fuso maupun mobil berukuran lebih kecil yang umum digunakan untuk keperluan pribadi. Tanpa adanya komponen ini, maka mesin maupun berbagai fasilitas yang ada di mobil tidak akan bisa menyala. Misalnya saja seperti lampu, audio system, dan alarm. Bahkan, aki yang sudah tidak bagus kualitasnya bisa menyebabkan mobil Anda mati mendadak dan tidak lagi bisa dinyalakan. Itulah sebabnya, menggunakan aki yang berkualitas bagus sangatlah penting untuk kenyamanan berkendara.

memilih aki yang benar
source : Deltalube

Lalu, bagaimana ya caranya memilih aki yang bagus? Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

  • Brand

Brand atau merk aki yang sudah ternama tidak akan bermain-main dengan kualitas produknya. Mereka pasti akan sangat memperhatikan kualitas aki yang diproduksinya sebelum dilepas ke pasaran. Sayangnya, beberapa brand yang sudah sangat terkenal mungkin memiliki harga yang cukup tinggi. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa coba mencari brand yang sudah cukup banyak digunakan orang dan sudah banyak memiliki review, tetapi dengan haarga yang terjangkau oleh budget Anda.

  • Lokasi pembelian

Selain brand, sangat penting juga untuk memperhatikan lokasi tempat Anda membeli aki tersebut. Sebab, bisa saja Anda berniat untuk membeli aki brand tertentu, tapi justru mendapatkan produk rekondisi. Hal tersebut tidak hanya bisa membuat Anda mengalami kerugian dari segi keuangan saja, tetapi juga berisiko menyebabkan mobil Anda menjadi cepat rusak.

  • Jenis aki

Ada beberapa jenis aki yang tersedia di pasaran, seperti aki basah, aki kering, dan sebagainya. Ada baiknya jika Anda menggunakan aki yang sama dengan aki standar bawaan pabrik ketika menggantinya.

  • Ukuran dan kapasitas aki

Perhatikan baik-baik ukuran aki secara dimensi maupun kapasitas aki (tegangan, ampere, dan sebagainya). Jika mobil Anda mengalami modifikasi seperti audio system, lampu, dan sebagainya sehingga membutuhkan daya listrik lebih besar, ada baiknya Anda menyesuaikan aki yang digunakan dengan kebutuhan tersebut. Namun, jangan lupa bahwa mobil pasti memiliki batasan maksimal atas kapasitas aki yang digunakan, jadi ada baiknya jika Anda lebih waspada dalam menentukan agar aki dapat berfungsi maksimal tanpa menimbulkan masalah.

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa memilih aki yang sesuai, ya! (Vita)