Home Motor

Saat Tukar Tambah Sepeda Motor, Perhatikan Hal Ini!

Perhatikan beberap hal ini, ketika tukar tambah sepeda motor!

348
0
SHARE

Belakangan ini, muncul sebuah tren dimana “memiliki sepeda motor baru secara finansial lebih baik dibandingkan dengan motor lama”. Dengan munculnya tren seperti ini, tidak mengherankan jika banyak masyarakat di negara Indonesia ini lebih memilih untuk mengganti sepeda motor lama mereka dengan yang baru, lantaran mudahnya proses sekaligus mendapatkan sepeda motor. Ditambah lagi, jika cukup cermat memilih leasing kredit sepeda motor, maka Anda akan mendapatkan penawaran kredit kendaraan bermotor baru yang sangat murah yang diberikan oleh dealer sepeda motor, membuat masyarakat pun semakin tergiur untuk mengganti maupun menukar tambah motor lama mereka.

sepeda motor
sepeda motor

Namun, pada saat mengganti dan menukar tambah sepeda motor lama dengan yang baru ini, sebaiknya para pengendara harus memerhatikan beberapa hal terlebih dahulu, supaya nantinya tidak mendapatkan masalah. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Mengetahui harga kendaraan. Buat kalian yang berniat untuk membeli dan menukar tambah sepeda motor lama dengan yang baru, sebaiknya Anda harus mengetahui dulu berapa kira-kira harga kendaraan yang akan dibeli maupun dijual. Biasanya, penjualan sepeda motor lama ini dibarendol dengan separuh harga dari pembelian baru. Apabila ada pembeli menawarkan harga yang sangat murah, maka seharusnya Anda tidak mengiyakannya, disebabkan nantinya Anda harus membayar mahal motor baru.
  2. Menata ulang sepeda motor. Supaya sepeda motor yang akan Anda tukar semakin dihargai dengan harga yang tinggi, alangkah baiknya Anda harus menata ulang sepeda motor. Dengan cara, merapikan bodi yang terlihat lecet, membersihkan interior, sekaligus memperbaiki kondisi mesin yang sudah rusak. Dengan begini, tentu saja sepeda motor lama Anda akan ditawar dengan harga yang diinginkan.
  3. Melengkapi semua surat berharga. Seperti yang kita ketahui, adanya surat kelengkapan sepeda motor memang sangat penting ketika menjual dan membeli sepeda motor. Untuk itu, saat melakukan transaksi tukar tambah ini, ada baiknya Anda melengkapi semua surat berharga yang berhubungan dengan sepeda motor seperti BPKB dan STNK. Dan, patut diketahui sebisa mungkin surat-surat sepeda motor yang dimiliki tidak mati, sehingga tidak akan menurunkan harga jual sepeda motor.
  4. Melihat tahun pembuatan sepeda motor. Anda juga sangat penting memerhatikan kapan tahun pembuatan sepeda motor Anda. Semakin lama tahun pembuatan sepeda motor, tentu saja peminatnya pun akan sepi. Maka dari itu, pastikan pembuatan sepeda motor Anda tidak lebih dari lima tahun setelah diambil.

Nah, jangan lupa ya, untuk memerhatikan beberapa hal di atas, jika Anda hendak menukar tambah sepeda motor dengan yang baru. –SH–