Home Mobil

Saat Perjalanan Jauh, Cek Komponen Mobil Ini!

Berniat untuk melakukan perjalanan jauh ke luar kota? Jangan lupa untuk mengecek ulang semua komponen pada mobil. Apa sajakah itu? Yuk, cek!

620
0
SHARE

Sebelum melakukan perjalanan jauh terlebih ke luar kota, sudah sewajarnya Anda mengecek ulang semua komponen yang terdapat pada mobil. Entah itu, bagian internal maupun eksternal mobil tersebut. Mengapa ini harus dicek? Yap, ini bertujuan untuk mengurangi supaya tidak terjadi kerusakan yang serius pada mobil saat dikendarai untuk perjalanan jauh. Sekalipun nantinya Anda menggunakan bahan bakar yang dibeli melalui distributor solar ataupun bensin terbaik, akan tetapi terkadang kerusakan tersebut pun tidak dapat dihindari saat Anda berkendara.

komponen mobil yang harus dicek saat perjalanan jauh
source : megapolitan

Adapun beberapa komponen mobil yang wajib dicek saat ingin melakukan perjalanan jauh adalah sebagai berikut;

  1. Ban. Ban merupakan bagian komponen terluar dari mobil yang berfungsi sebagai pengontrol arah serta penopang bodi kendaraan. Tanpa adanya ban, tentu mobil tidak bisa dikendarai dengan baik. Oleh karena itulah, patut bagi Anda untuk selalu mengecek kondisi ban mobil ini sebelum berkendara terutama ketika perjalanan jauh. Cek semua komponen ban, jika ban sudah licin ataupun cengkramannya berkurang langsung ganti ban tersebut dengan yang baru.
  2. Rem. Sebagai pengendara, Anda pastinya tahu betul dengan rem ini? Yup, rem adalah salah satu komponen di dalam mesin mobil yang berperan penting untuk memperlambat serta menghentikan perputaran mobil ketika melaju kencang ataupun perlahan. Jika bagian ini mengalami kerusakan, tentu bisa membahayakan pengendara dan penumpang. Untuk itu, cobalah untuk selalu mengecek kondisi dari komponen rem ini, apabila terdapat kotoran langsung bersihkan dengan menggunakan lap khusus. Namun, bila Anda merasa kurang nyaman ketika menggunakannya dan terasa berat maka langsung ganti dengan yang baru.
  3. Air radiator. Jangan sampai lupa untuk memeriksa air radiator. Air radiator sendiri berfungsi sebagai komponen pendingin yang menjaga agar suhu mobil dalam keadaan stabil saat dikendarai. Nah, jika Anda melihat air radiator ini sudah mulai kotor pada komponen mesin kendaraan Anda, maka segeralah menggantinya dengan yang baru. Atau jika perlu, tambahkanlah cairan pendingin agar performa yang diberikan semakin bagus.

Selain ketiga poin di atas, Anda pun perlu melihat komponen ini, di antaranya;

  • Wiper
  • Lampu sein bagian depan dan belakang, baik itu yang berada di bagian kanan maupun kiri
  • Kursi penumpang ataupun pengendara
  • Bagian dalam mesin mobil seperti busi, ring prison, piston, carter, timing gear, crank shaft, fly wheel, dan lainnya

Itulah komponen yang harus di cek sebelum Anda berniat untuk melakukan perjalanan jauh. Semoga bermanfaat! –SH–