Home Kesehatan

Khasiat Mengonsumsi Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Selain bisa dijadikan untuk bumbu masakan, rempah bernama jahe ini juga sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh. Yuk, cek beberapa manfaatnya!

290
0
SHARE

Selain bisa dijadikan sebagai bumbu untuk penyedap makanan, jahe juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, sama halnya dengan ekstrak jahe merah. Meskipun rasanya sedikit pedas karena mengandung senyawa zingeron, akan tetapi faktanya sendiri mengungkapkan jika jahe sangat ampuh mengurangi rasa sakit yang muncul pada tubuh. Hal ini tidak terlepas dari kandungan yang dimilikinya seperti protease, gingerol, lipase, antioksidan, dan sebagainya.

khasiat jahe untuk kesehatan
source : produk ibu

Nah, apabila Anda rutin mengonsumsi jahe ini setiap hari, maka Anda bisa mendapatkan sejumlah khasiatnya, berikut beberapa di antaranya. Here we go!

  1. Melancarkan sistem pencernaan. Buang air besar kurang lancar? Cobalah untuk meminum satu cangkir jahe yang sudah direbus terlebih dahulu. Dipercaya, minuman ini dapat memperlancar kembali sistem pencernaan Anda karena mengandung enzim protease dan lipase. Kedua enzim ini dapat membantu mencerna protein dan lemak dengan baik di dalam tubuh sehingga dapat mengatasi pencernaan kurang lancar tersebut.
  2. Mencegah rasa mual. Tidak hanya saat hamil saja Anda bisa mengalami mual, akan tetapi pada saat salah dalam pemilihan makanan yang dikonsumsi ataupun terlambat makan pun bisa dilanda rasa mual. Nah, untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencegahnya dengan meminum secangkir air rebusan jahe tanpa diberi pemanis buatan ataupun memakan permen jahe. Jahe sendiri sangat bermanfaat untuk memblok senyawa serotonin yang bisa membuat perut berkontraksi sehingga menimbulkan rasa mual.
  3. Menangkal radikal bebas. Supaya terhindar dari serangan radikal bebas yang sangat berbahaya untuk tubuh, alangkah baiknya rutinlah meminum air rebusan jahe. Jahe dianggap mampu menangkal radikal bebas ini, sebab mengandung antioksidan cukup tinggi sehingga dapat membantu menetralkan efek merusak yang diakibatkan oleh radikal bebas tersebut.
  4. Mengurangi rasa nyeri. Jahe juga sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul pada tubuh karena mengandung zat anti peradangan dan senyawa pereda nyeri. Untuk itulah, jika kamu merasakan nyeri yang teramat terutama saat datang bulan, maka rajinlah meminum air rebusan jahe.

Selain beberapa manfaat di atas, jahe pun sangat berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi flu, menjaga sirkulasi darah, mencegah masuk angin, mengurangi rasa sakit saat sariawan, dan sebagainya. Semoga bermanfaat! –SH–