Home Kecantikan

Penuaan Kulit Ekstrinsik VS Intrinsik

Masalah penuaan yang mungkin kerap kamu alami. Apa sajakah? Yuk, langsung disimak pembahasannya!

45
0
SHARE
masalah penuaan
source : akurat.co

Tidak ada seorang pun yang mau memiliki kulit bermasalah, seperti munculnya keriput pada beberapa bagian wajah. Untuk mengatasinya, banyak orang yang melakukan perawatan mengencangkan kulit wajah sendiri di rumah atau pergi ke klinik kecantikan. Apapun akan mereka lakukan demi mendapatkan kulit yang kembali sehat dan kencang. Sayangnya, ada beberapa orang yang mengalami kesulitan untuk mengtasinya. Bahkan, meskipun kulit sudah kembali kencang, tetapi tidak lama kemudian keriput kembali muncul.

Mungkin sebenarnya tidak ada yang salah dengan caramu mengatasi masalah keriput pada kulit wajah. Namun, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu tipe dari munculnya tanda penuaan, seperti kulit keriput, pada wajahmu agar bisa mengambil langkah tepat. Dan berikut ini adalah dua tipe di antaranya:

  • Intrinsic Skin Aging

Disebut juga chronological aging, yaitu penuaan yang terjadi kibat faktor alami dan sulit untuk dicegah, atau bahkan tidak bisa. Sebab, penuaan ini terjadi akibat faktor internal tubuh, baik psikologis maupun gen seseorang. Salah satu contohnya yaitu penuaan kulit yang terjadi akibat bertambahnya usia. Seiring dengan bertambahnya usia, maka kelembapan kulit secara otomatis akan mulai berkurang. Tidak hanya itu, penurunan hormon estrogen pada tubuh wanita juga akan berdampak pada berkurangnya kolagen dan elastisitas kulit sehingga menyebabkan tanda penuaan muncul, seperti keriput.

  • Extrinsic Skin Aging

Penuaan kulit ini terjadi akibat faktor eksternal sehingga masih bisa diperlambat jika kamu memerhatikan berbagai faktor penyebabnya. Beberapa penyebab yang bisa membuat penuaan ini muncul adalah paparan sinar UV (Ultra Violet) dan polusi, kebiasaan merokok, dan sebagainya. Seseorang yang mengalami penuaan tipe ini bisa menunjukkan beberapa gejala, seperti munculnya keriput, kulit kering, muncul bintik hitam, dan sebagainya.

Untuk kamu yang mengalami masalah penuaan akibat intrinsik, mungkin tidak bisa melakukan terlalu banyak hal untuk mengatasinya. Meskipun begitu, kamu bisa mengurangi atau mencoba memperlambat munculnya tanda penuaan dengan menghindari faktor penyebab pada extrinsic skin aging dan juga melakukan perawatan kulit sejak dini. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY