Home Food & Culinary

Liburan di Samarinda, Jangan Lupa Cicipi Makanan Khasnya

Ini dia deretan makanan khas Samarinda yang memiliki cita rasa sangat lezat dan wajib dicicipi ketika liburan di sana. Cobain, deh!

110
0
SHARE
makanan khas Samarinda
source : google

Selain mengunjungi destinasi wisata, salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur di Samarinda adalah mencicipi makanan khasnya. Seperti diketahui, kota Samarinda terkenal memiliki makanan bercita rasa lezat dan wajib dicicipi saat berlibur di sana. Tak perlu khawatir, beberapa makanan khas ini pun terkadang disajikan di Hotel Samarinda sehingga Anda tidak perlu repot mencarinya.

Adapun berbagai makanan khas Samarinda tersebut adalah sebagai berikut ini. Simak, deh!

  1. Pepes Kepiting. Pernah makan pepes? Pasti pernah, kan! Nah, jika selama ini pepes yang Anda makan terbuat dari ikan maupun tahu, maka di Samarinda pepes terbuat dari kepiting. Kepiting yang dipilih adalah kepiting soka yang dimasak dengan berbagai bumbu khas Nusantara seperti rempah-rempah, serai, daun kemangi, dan lainnya. Dari segi rasa, pepes satu ini tentu memiliki rasa yang sangat lezat, apalagi ditambah proses memasaknya yang begitu unik di mana setelah dikukus pepes langsung dibakar sehingga menciptakan rasa yang semakin nikmat.
  2. Sate Payau. Selain itu, Anda juga wajib mencicipi sate payau. Makanan khas Samarinda ini terbuat dari olahan daging rusa. Sama halnya dengan sate pada umumnya, proses pembuatan sate satu ini dibakar di bara api yang sangat panas. Namun, sebelum masuk pada tahap pembakaran, daging sate terlebih dahulu dibumbui dengan rempah-rempah khas kota Samarinda. Tidak hanya bisa dimakan langsung, makanan ini pun bisa dijadikan sebagai oleh-oleh karena tahan sampai dua hari.
  3. Bobongko. Bobongko merupakan salah satu makanan khas Samarinda yang terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan santan serta rempah-rempah sehingga menciptakan rasa yang begitu gurih dan sedikit pedas. Bobongko biasanya dibungkus dengan daun pisang dan dimakan dengan tambahan siraman kuah manis, yang mana membuat cita rasanya semakin nikmat. Tekstur dari makanan satu ini pun lumayan kenyal sehingga lebih memudahkan ketika memakannya.
  4. Pulut Nasi. Khusus untuk Anda yang ingin jalan-jalan di Samarinda, tidak ada salahnya membekali perjalanan dengan membawa pulut nasi. Makanan khas Samarinda satu ini dibuat dari bahan utama nasi yang dimasak dengan tambahan santan, garam, cabai, dan bumbu lainnya. Proses pembuatan makanan ini dikukus selama dua jam dan setelah matang diberi taburan kacang tanah yang sudah disangrai dan dihaluskan.

Gimana, nih? Apakah Anda pernah mencicipi makanan-makanan khas dari Samarinda tersebut