Home Kesehatan

Pakai High Heels Ketika Bekerja Saat Hamil, Apakah Boleh?

Salah satu cara untuk menunjang penampilan saat bekerja adalah dengan menggunakan high heels. Akan tetapi, pertanyaan yang kemudian muncul adalah bolehkah seorang ibu hamil menggunakan high heels?

55
0
SHARE

Bagi ibu hamil yang sibuk bekerja, tentu menjaga nutrisi harian agar tetap terpenuhi merupakan sesuatu yang tidak boleh terlupakan. Itu sebabnya ada beberapa makanan yang tidak boleh dilewatkan untuk dikonsumsi meski sibuk bekerja. Apalagi untuk Ibu yang sedang dalam program menurunkan berat badan saat hamil untuk mengatasi obesitas. Tidak hanya menjaga kebutuhan nutrisi, ibu hamil yang bekerja, menjaga penampilan pun merupakan sesuatu yang wajib diperhatikan.

high heels untuk ibu hamil
source : bayiku

Nah, salah satu cara untuk menunjang penampilan saat bekerja adalah dengan menggunakan high heels. Akan tetapi, pertanyaan yang kemudian muncul adalah bolehkah seorang ibu hamil menggunakan high heels?

Jawabannya, tentu tidak boleh! Sebab, pada saat hamil tubuh mengalami banyak perubahan terutama pada bagian sendi yang berfungsi untuk menopang tubuh bagian atas. Jika sendi rusak, tentu dapat berdampak buruk pada pada janin dan ibu hamil itu sendiri.

Di samping itu, memakai high heels ini ketika bekerja, bisa menimbulkan beberapa risiko, di antaranya adalah sebagai berikut (dikutip melalui klikdokter):

  1. Bengkak pada bagian kaki. Selama hamil, bagian tumit, tungkai, dan kaki bawah, akan mengalami pembengkakan. Nah, pembengkakan ini akan semakin diperparah jika ibu hamil tetap memaksakan diri untuk menggunakan sepatu hak tinggi ketika bekerja. Untuk itu, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk memakai sepatu yang bisa membuatnya nyaman.
  2. Punggung terasa nyeri. Selalu menggunakan high heels bisa mengakibatkan nyeri pada bagian punggung, sebab pada saat hamil ligamen pada punggung kaki mengalami peregangan sehingga memunculkan rasa nyeri tersebut.
  3. Betis mengalami kram. Saat memakai high heels ketika bekerja, maka otot betis akan mengalami konsenstrasi dalam waktu yang sangat lama. Nah, kondisi ini bisa mengakibatkan betis menjadi lebih kram.

Meskipun demikian, jika Anda terpaksa untuk tetap memakai high heels ini ketika bekerja, maka perhatikan dulu beberapa hal ini, di antaranya:

  • Pakai sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi atau low heels.
  • Jangan pernah menggunakan kitten heels, sebab sepatu ini memiliki hak yang sangat kecil.
  • Gunakan sepatu yang nyaman menurut Anda. Atau sesekali pakailah sepatu tanpa hak.
  • Apabila sepanjang hari Anda harus memakai sepatu hak tinggi ini maka cobalah untuk mencari waktu istirahat. Saat beristirahat, lepaskan sepatu dan regangkan kaki beberapa menit.

Bagaimana? Setelah melihat risiko ini, apakah Anda masih tetap mau menggunakan sepatu hak tinggi ketika hamil? Semoga bermanfaat, ya! –SH–