Home Mobil

Mobil Jarang Keluar Garasi? Lakukan Ini Agar Tak Jamuran!

Supaya mobil Anda tidak berjamur sekalipun hanya diletakkan di garasi mobil, maka lakukan beberapa hal penting berikut ini!

43
0
SHARE

Anda tentu tidak menggunakan mobil setiap hari. Nah, saat tidak digunakan, pasti mobil tersebut Anda parkir di garasi. Namun demikian, terlalu lama memarkir mobil di dalam garasi dan tidak mengeluarkannya, ternyata dapat membuatnya jamuran, lho. Apalagi, kalau Anda menutupi seluruh bodi mobil dengan kain penutup, tentu ini akan semakin meningkatkan jamuran tersebut. Beda halnya dengan truk semen yang mana selalu digunakan untuk mengangkut maupun mengantar semen kepada pembeli sehingga tidak akan mudah jamuran.

tips mencegah mobil jamuran
source : dekorrumah

Bicara mengenai jamuran mobil yang diparkir di garasi, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar mobil tidak jamuran. Berikut adalah beberapa di antaranya: (source: showroommobil)

  1. Tidak menutupi bagian luar mobil dengan kain penutup. Entah, karena tidak ingin mobil lecet atau mencegah mobil Anda dari debu maka banyak dari Anda semua yang memasang kain penutup untuk bagian luar mobil. Memasang kain penutup ini tidak ada masalah kok, tapi jangan sampai terlalu sering memasangnya karena dapat menyebabkan jamuran. Ini terjadi karena udara lembab dari kain penutup tersebut. Untuk itu, pastikan untuk tidak menutupinya dengan kain penutup.
  2. Jemur mobil di bawah sinar matahari. Tak hanya tubuh, mobil yang jarang digunakan pun harus dijemur di bawah sinar matahari, loh. Tujuannya agar kondisi udara dalam mobil tetap terjaga dan tidak lembab. Kalau udara mobil lembab, tentu akan semakin mempercepat berkembangnya jamur di mobil Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk menjemur mobil Anda secara berkala sekalipun jarang digunakan, ya.
  3. Rajin mencuci mobil meski tidak digunakan. Rajinlah selalu mencuci mobil Anda meskipun jarang dipakai untuk bepergian. Selain bersih, rajin mencuci mobil maka dapat mengatasi kemunculan jamur ataupun kotoran yang berkarat yang di mobil. Dengan begini, tentu mobil Anda pun akan terhindar dari kotoran maupun jamuran.
  4. Cek kondisi mobil secara berkala. Di samping itu, jangan sampai lupa untuk selalu mengecek kondisi mobil Anda, baik luar maupun dalam mobil. Ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan jamur di mobil Anda. Karena itulah, penting bagi Anda untuk mengeceknya teratur.

Itu dia beberapa hal yang harus Anda lakukan agar mobil tidak jamuran saat hanya ditaruh di garasi. Selamat mencoba! –SH–