Home Liburan

Jangan Ragu untuk Jadi Travel Blogger, Ini Tips Suksesnya!

Mau menjadi travel blogger? Perhatikan dulu tips mudah berikut!

186
0
SHARE

Suka traveling? Biasanya untuk mengabadikan momen liburan, apa sih yang kamu lakukan? Sebagian orang gemar mengabadikan momen liburannya dengan kamera. Namun, ada juga orang-orang yang senang mendokumentasikan momen dengan menulis. Kalau kamu termasuk tipe orang yang suka menulis, kenapa tidak mencoba untuk travel blogger saja? Dengan menulis di blog, kamu bisa membagikan tips-tips traveling yang bermanfaat seperti asuransi perjalanan yang bagus, berburu tiket murah, rekomendasi destinasi wisata, dan lainnya. Jika blog-mu populer, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan, lho. Sekarang ini, sudah banyak blogger yang menjadikan blognya sebagai sumber pendapatan. Bahkan, bisa dibilang blogger merupakan profesi yang menguntungkan.

tips menjadi travel blogger
source : setara

Gimana, tertarik untuk jadi travel blogger? Menjadi blogger sebenarnya bukan hal yang mudah. Akan tetapi kamu bisa mencapai kesuksesan dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Read read read!

Salah satu writing 101 yang tak boleh dilewatkan adalah membaca. Baik bagi penulis pemula atau profesional, membaca akan memberikan manfaat yang luar biasa. Dengan membaca, kamu bisa memperoleh banyak wawasan dan mengenali banyak gaya bahasa. Hal inilah yang dapat memperkaya tulisanmu.

  • Tulis dengan hati

Jika kamu benar-benar suka menulis, maka yang terpenting adalah kamu membuat tulisan dengan sepenuh hati dan bukan semata-mata karena ingin meraup keuntungan. Memang benar jika blogmu terkenal, kamu bisa menadapatkan keuntungan. Akan tetapi, sebuah tulisan tidak akan pernah berhasil jika tidak dibuat dengan tulus. Jika tadinya kamu ingin menjadi blogger karena ingin merih keuntungan, coba mulai sekarang ubah mindset-mu. Buatlah tulisan dengan tulus agar berguna untuk para pembaca.

  • Be yourself

Ada banyak blogger yang bisa menjadi inspirasi atau referensi. Kamu boleh mencontoh yang baik-baik dari mereka. Akan tetapi, pastikanlah kamu tetap menulis dengan gaya bahasamu sendiri. Gaya tulisan yang dipaksakan bisa membuat pembaca justru tidak tertarik.

  • Konsisten

Tak perlu diulangi sekali lagi, kamu pasti tahu kalau menjadi blogger itu tidak mudah. Dibutuhkan konsistensi tak peduli kamu sedang bosan dan tidak mood untuk menulis. Karena itu, kamu harus melatih diri agar bisa terbiasa untuk menulis secara konsisten.

  • Perhatikan kualitas konten

Sebagai penulis, kamu harus kreatif memilih konten. Pastikan konten yang kamu tulis bermanfaat dan menarik pembaca. Jika kamu ingin menulis konten yang cukup sensitif, maka kamu harus bisa mempertanggungjawabkannya. Selain membuat konten yang menarik kamu juga bisa mengadakan kuis atau giveaway di blog untuk berinteraksi dengan para pembaca.

Semoga bermanfaat ya! (Rima)