Home Kesehatan

Mitos Mengenai Arthritis yang Umum Dipercaya

Ini dia mitos penyakit arthritis yang kerap dipercayai masyarakat. Cek, deh!

163
0
SHARE
mitos mengenai Arthritis
source : alodokter

Arthritis dikenal juga sebagai peradangan sendi yang menyebabkan rasa sakit dan kesulitan bergerak bagi penderita. Meski penyakit ini merupakan salah satu penyakit kritis yang dicover oleh asuransi kesehatan terbaik, jangan sampai Anda menderita penyakit satu ini. Pada tahapan yang sudah parah, arthritis bisa memicu masalah pada jaringan dan organ lain. Untuk menghindari arthritis, tentunya Anda juga perlu mengumpulkan banyak informasi tentang penyakit yang satu ini. Karena penyakit ini bisa dibilang cukup umum, informasi yang tersedia pun cukup beragam. Namun, jangan salah, ada beberapa mitos yang beredar mengenai arthritis, berikut di antaranya!

  • Arthritis hanya bisa dialami oleh orang yang sudah tua

Pemahaman inilah yang perlu dibenarkan dalam masyarakat. Pasalnya, penderita arthritis tidak melulu orang tua atau yang sudah lanjut usia. Di Amerika Serikat terdapat 300 ribu anak muda mulai dari usia 18 taun yang merasakan gejala dan positif terkena arthritis. Dan ternyata, sekitar dua pertiga orang yang menderita arthritis merupakan orang-orang yang berusia di bawah 65 tahun.

  • Setiap sakit pada persendian berkaitan dengan arthritis

Arthritis memang merupakan penyakit yang disebabkan adanya radang pada persendian. Namun, tak belum tentu rasa sakit pada persendian adalah gejala dari arthritis. Gejala yang serupa juga bisa dirasakan oleh penderita tendonitis atau peradangan tendon yang terjadi ketika cedera.

  • Olahraga bisa sebabkan arthritis

Banyak orang yang mengira arthritis disebabkan oleh gerakan saat berolahraga. Anggapan ini juga tidak sepenuhnya benar. Justru sebaliknya, olahraga bisa membantu tubuh untuk mempertahankan gerak pada sendi. Olahraga yang dianjurkan untuk mengatasi penyakit ini adalah berenang. Penderita yang tidak bisa renang tak perlu khawatir, sebab cukup dengan berjalan di air saja sudah bisa melatih kekuatan pada sendi.

  • Cahaya matahari perlu dihindari

Ya, cahaya matahari atau sinar UV memang bisa merugikan kesehatan. Namun, nyatanya tubuh membutuhkan cahaya matahari untuk memproduksi vitamin D. Jadi, tak ada salahnya untuk berjemur di pagi hari ketika sinar matahari masih hangat. Namun, jangan lupa untuk melindungi kulit dan mata dari sinar matahari.

Nah, itu dia beberapa anggapan yang tidak sepenuhnya benar tentang penyakit arthritis. Semoga kini jadi lebih tau ya! (Rima)