Home Teknologi

Meskipun Bermanfaat, Ternyata Memasang CCTV Juga Bisa Berisiko

Memasang kamera cctv di rumah terkadang berisiko, loh. Jadi, tetap waspada, ya!

72
0
SHARE

Menggunakan kamera pengawas di rumah saat ini sudah menjadi hal yang umum di masyarakat. Apalagi dengan tersedianya banyak cctv tanpa kabel murah dengan kualitas yang tetap memuaskan dan dapat memenuhi kebutuhan, membuat pemanfaatan kamera pengawas atau cctv menjadi lebih terjangkau. Tidak hanya itu, beberapa toko yang menjual paket cctv lengkap dengan pemasangan sehingga semakin praktis.

memasang kamera cctv
source : tekno kompas

Faktor keamanan merupakan salah satu alasan mengapa mulai banyak yang memasang alat ini di huniannya. Sebab banyak kamera pengawas yang dilengkapi dengan fitur untuk menghubungkan rekaman ke smartphone milik Anda. Jadi Anda bisa benar-benar mengawasi kondisi rumah melalui kamera ini secara real time.

Namun, meskipun alat ini memiliki banyak manfaat ternyata terkadang bisa juga memberikan risiko pada Anda, loh! Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Kasus hukum

Kamera ini akan merekam semua aktivitas yang terjadi di area pengawasan. Tidak peduli apakah aktivitas ini dilakukan oleh Anda maupun orang lain. Dan saat ini banyak orang yang begitu tertarik dan berlomba-lomba untuk membuat konten yang viral di internet. Pada saat kamera pengawas di rumah Anda merekam suatu kejadian dan Anda mengunggahnya di internet, maka Anda akan berisiko terkena kasus hukum. Hal ini terjadi karena ada pasal dalam UU ITE  yaitu pasal 26 ayat 1 UU 19/2016 yang mengatur tentang pelanggaran privasi. Meskipun hal tersebut terjadi di tempat umum, tetapi jika  orang yang terlibat tidak suka videonya tersebar maka dia berhak menuntut Anda dengan UU tersebut. Agar hal ini tidak terjadi, maka pastikan Anda menjaga privasi dari semua kejadian yang terekam dan tidak sembarangan saja menyebarkannya.

  • Menjadi incaran penjahat

Tanpa Anda sadari, mungkin saja kamera pengawas yang dipasang di luar ruangan atau outdoor merekam suatu tindak kriminal yang terjadi di area tersebut. Jika pelaku kejahatan menyadari adanya kamera pengawas tersebut, maka bukan tidak mungkin dia akan mengincar Anda untuk menghancurkan rekaman yang bisa menjadi barang bukti tersebut. Sayangnya, cukup sulit menghindari risiko ini karena Anda tidak bisa mengatur apa saja hal yang mungkin terjadi di sekitar lingkungan Anda.

Lalu, apa artinya kamera pengawas atau cctv sebaiknya tidak digunakan?

Tentu saja tidak begitu. Anda tetap boleh menggunakannya untuk mengamankan rumah Anda. Hanya saja ada baiknya jika Anda lebih waspada dan berhati-hati. (Vita)

LEAVE A REPLY