Home Rumah

Mengatasi Pintu Folding Garasi yang Macet

Pintu folding garasi rumah bermasalah? Coba lakukan ini!

334
0
SHARE
mengatasi folding pintu macet
source : Wiharta Prametal

Ketika berbicara mengenai pintu folding, mungkin Anda akan langsung teringat pada rolling door yang biasa ditemukan pada pintu ruko. Memang, pintu dengan jenis ini sering digunakan untuk ruko, tetapi sebenarnya cukup banyak juga rumah yang menggunakan pintu jenis ini. Tentunya bukan untuk pintu bagian depan rumahnya, tetapi untuk bagian garasi.

Pintu jenis ini banyak dipilih karena dianggap cukup praktis dan tidak membutuhkan banyak lahan. Apalagi jumlah lipatannya bisa disesuaikan dengan kondisi lahan yang dimiliki sehingga bisa lebih fleksibel. Namun sayangnya, pintu seperti ini sering kali mudah macet dan agak sulit untuk dibukan maupun ditutup.

Nah, untuk Anda yang sering mengalami masalah ini, jangan keburu panik atau mengganti pintu dengan yang baru. Sebab maasalah tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara berikut ini:

  • Untuk pintu folding yang menggunakan rel, masalah pintu yang macet bisa terjadi akibat adanya kotoran pada bagian rel. Ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan rutin pada bagian rel pintu dan membersihkannya sebelum banyak kotoran yang menempel dan menumpuk.
  • Selain masalah kotoran, rel pintu folding bisa juga mengalami masalah kemacetan akibat adanya karat. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan cuka untuk membersihkan karat tersebut. Semprotkan pada bagian yang berkarat dan diamkan beberapa saat. Setelah itu Anda bisa menggunakan menyemprotkan air bersih pada bagian ini dan mengelapnya hingga benar-benar kering.
  • Karat juga bisa terjadi pada bagian engsel pintu. Jika karat pada bagian ini sudah cukup parah akan menyebabkan pintu sulit untuk dilipat. Untuk mengatasinya maka Anda bisa menerapkan cara pada poin kedua agar karat menghilang. Namun jika karat sudah sangat parah dan sulit untuk dibersihkan, ada baiknya Anda mengganti bagian engsel ini dengan yang baru.
  • Sulitnya pintu ini dibuka tutup juga bisa terjadi akibat pelumas yang mulai habis atau sudah kurang bagus. Sebab pada saat dibuka atau tutup, akan ada gesekan yang terjadi antar komponen di rel maupun pada engsel. Ada baiknya jika Anda mengolesi kembali bagian ini dengan pelumas. Namun jangan terlalu banyak karena akan membuat pintu jadi terlihat kotor.

Tidak sulit kan untuk mengatasi pintu folding yang macet? Semoga bisa membantu mengatasi permasalahan Anda di rumah, ya!