Home Mobil

Ini Dia Tips Mengirit Bahan Bakar yang Bisa Dicoba!

Agar tak boros ketika menggunakan bahan bakar, begini tipsnya!

115
0
SHARE

Duh, bahan bakar baru diisi tapi udah habis aja? Hmm, penggunaan bahan bakar yang terlalu cepat memang dapat membuat kesal. Bagaimana tidak, bahan bakar tersebut sangat dibutuhkan oleh kendaraan karena berfungsi sebagai penyalur bahan bakar ke mesin kendaraan. Jika kendaraan seperti mobil maupun truk angkutan barang tidak ada isinya, tentu tidak akan bisa dikendarai dengan baik, bukan?

hemat bahan bakar
source : otomart

Untuk itu, supaya bahan bakar di kendaraan Anda tidak cepat habis, maka cobalah menerapkan beberapa tips berikut, here we go!

  1. Pilih oli pelumas terbaik. Pastikan, Anda memilih oli pelumas dengan kualitas terbaik. Mengapa demikian? Yap, karena semakin bagus kualitas oli, maka akan semakin bagus pula kinerja mesin kendaraan. Dengan demikian, tentu mesin pun tidak akan mengonsumsi terlalu banyak bahan bakar sekaligus bahan bakar di mobil Anda tidak akan terkuras habis. So, baiknya gunakan oli berkualitas untuk kendaraan Anda, ya!
  2. Cek kondisi ban. Rutinlah selalu mengecek kondisi ban kendaraan. Jika angin kendaraan bermasalah, maka cobalah untuk menambahnya dan jangan biarkan kempes. Kenapa? Sebab kondisi ban yang kurang prima malah dapat mengakibatkan mesin kendaraan bekerja lebih ekstra. Kalau sudah begini, tentu bahan bakar yang digunakan pun akan semakin bertambah, karena itulah penting bagi Anda mengecek kondisi ban tersebut.
  3. Rutin tune up kendaraan. Agar penggunaan bahan bakar bisa dikontrol dengan baik, maka Anda disarankan untuk rutin melakukan tune up. Tujuan dilakukan ini adalah untuk mengembalikan performa kendaraan Anda. Kendaraan dengan tingkat performanya bagus, tentu tidak akan menguras banyak bahan bakar. Karena itu, rajinlah selalu tune up kendaraan agar performanya tidak menurun sama sekali.
  4. Lihat kondisi filter udara. Jangan sampai mengabaikan komponen filter udara pada kendaraan. Lantaran, komponen satu ini digunakan untuk menyaring udara yang masuk ke mesin kendaraan, apabila filter udara ini kotor tentu dapat mengganggu kinerja mesin kendaraan. Jika mesin kendaraan terganggu, tentunya penggunaan bahan bakar pun akan semakin boros. Untuk itu, rutinlah untuk mengecek komponen, yes!

Jadi, mau hemat penggunaan bahan bakar? Coba lakukan beberapa hal di atas! –SH–