Home Tips & Trick

Mencegah dan Membasmi Rayap? Ini Dia Cara Mudahnya

Mau membasmi rayap di rumah maupun apartemen? Begini cara mudahnya!

376
0
SHARE

Saat ini, tema minimalis memang sangat sering diterapkan baik di rumah maupun apartment Jakarta, sehingga bahan utama yang paling sering digunakan adalah kayu. Penggunaan bahan kayu memang akan memberikan kesan yang natural dan unik untuk hunian, namun apa jadinya bila seiring berjalannya waktu kayu akan habis dimakan oleh rayap? Maka dari itu, perawatan pada furnitur kayu sangatlah penting untuk dilakukan demi menjaga ketahanan dan keawetan kayu itu sendiri.

tips membasmi rayap
source : google

Namun, untung membasmi rayap yang sangat membandel itu sendiri perlu dilakukan perlakuan khusus. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membasmi rayap yang dapat merusak furnitur-furnitur kesayangan di hunian Anda.

  1. Maksimalkan ventilasi

Dikarenakan rayap menyukai tempat lembab dan minim sinar matahari, Anda sangat disarankan untuk memaksimalkan fungsi ventilasi di setiap sudut ruangan hunian Anda sehingga sinar matahari dapat masuk dan mengurangi risiko ruangan menjadi lembab. Jika beberapa perabot sudah terlanjur dimakan rayap, maka cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjemurnya pada area terbuka.

  1. Memperbaiki keramik atau pipa yang rusak

Keramik yang rusak dapat menyebabkan uap air menjadi mudah masuk ke dalam rumah. Akibatnya, kondisi rumah akan lembab dan rayap pun akan dengan mudah menggerogoti furnitur milik Anda. Maka dari itu, Anda dapat memulai dari memperbaiki keramik yang rusak sebelum rayap dapat masuk dan membangun koloninya.

  1. Menggunakan air cucian beras

Air cucian beras yang didapatkan dengan mudah ini ternyata dapat membantu Anda dalam membasmi rayap. Yang Anda hanya perlu lakukan adalah mengumpulkan air bekas cucian air beras tersebut dan memasukkannya ke dalam botol penyemprot, lalu Anda hanya perlu menyemprotkan air cucian beras ini ke permukaan furnitur yang terserang rayap. Cukup mudah dan murah, bukan?

  1. Menggunakan daun salam dan kemangi

Selain menjadi bumbu dapur dan lalapan, dedaunan yang satu ini juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk membasmi rayap. Cara yang dilakukan untuk mengatasi rayap dengan bahan ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu meletakkan daun-daun ini di perabotan yang rentan untuk terserang rayap atau bahkan sudah diserang oleh rayap. Selain aman, daun-daun ini juga tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap jika diletakkan di lemari pakaian.

Demikianlah sederet cara-cara mudah untuk mengatasi rayap yang menyerang furnitur di hunian Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!