Home Properti

Mau Membuat Kolam Renang? Perhatikan Dulu Hal Ini!

Tips yang harus diperhatikan, sebelum membuat kolam renang di rumah maupun apartemen.

376
0
SHARE

Kolam renang merupakan salah satu tempat pemandian buatan yang dirancang sesuai dengan keinginan dan diisi dengan air, dan digunakan untuk menyelam, berenang, olahraga air, dan sebagainya. Biasanya, kolam renang ini tidak hanya terdapat di tempat pemandian umum saja, namun juga ada di sejumlah apartemen mewah seperti available apartment in Jakarta maupun di sebuah rumah atau tempat tinggal. Dengan adanya kolam renang ini baik di apartemen maupun rumah, tentu saja akan memberikan banyak manfaat kepada penghuni, dimana si penghuni dapat menyalurkan hobi berenangnya sekaligus dapat membuat hunian terasa semakin sejuk dan terlihat serasa berada di alam.

kolam renang
kolam renang

Banyaknya manfaat yang diberikan oleh kolam renang ini, tentunya membuat kamu semakin tertarik untuk membangun kolam renang di rumah maupun apartemenmu. Namun, sebelum kamu hendak membangun kolam renang ini, ada baiknya kamu harus memerhatikan beberapa hal yang ada di bawah ini terlebih dahulu. Langsung saja disimak, yuks!

  1. Ukuran kolam renang dan lahan kosong. Hal pertama yang harus kamu perhatikan jika mau membuat kolam renang yaitu ukuran kolam renang dan lahan kosong. Apabila lahan kosong yang tersedia tidak terlalu besar, maka kamu tidak perlu membuat kolam renang yang berukuran besar. Selain itu, kamu juga patut untuk memerhatikan layout kolam renang dengan konsep maupun tema rumah, dikarenakan layout sangat berpengaruh sekali saat membangun kolam renang.
  2. Pool deck atau teras. Pada saat pembuatan kolam renang, kamu juga harus memerhatikan yang namanya teras atau pool deck, dikarenakan dengan adanya teras atau pool deck membuat kolam renangmu semakin elegan dan menarik. Ketika membuat teras ini sangat banyak ide yang bisa kamu gunakan seperti membangun dek kayu di sekitar kolam, lantai dengan batuan alam berwarna hitam maupun, sekaligus dengan keramik yang tidak licin.
  3. Kedalaman air. Kamu tidak hanya wajib untuk memerhatikan keindahan luar dari kolam renang, namun juga memerhatikan yang namanya kedalaman air. Biasanya, kedalaman air untuk orang dewasa sekitar 1,4 meter sampai dengan 2 meter. Akan tetapi, untuk anak-anak kedalamannya hanya 0,5 meter. Yang menarik, kamu pun dapat menggabungkan kedua kedalaman ini, dengan cara membuat sebuah ramp pemisah kedalamannya.
  4. Ketinggian permukaan lantai. Hal penting lainnya yang wajib diketahui adalah melihat ketinggian permukaan lantai pada kolam renang. Usahakan, ketinggian pada permukaan lantai ini tidak lebih tinggi dari teras atau pool deck. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan keluarga saat berenang.

Mudah sekali bukan, hal yang harus diperhatikan apabila kamu hendak membuat sebuah kolam berenang? So, tunggu apalagi, yuks bikin kolam renang di rumah! –SH–