Home Mobil

Mau Beli Aki Mobil? Perhatikan Dulu Ini!

Sebelum membeli aki mobil, jangan lupa perhatikan dulu beberapa hal ini. Check it out!

86
0
SHARE
tips membeli aki mobil
source : google

Keberadaan aki pada mobil memang terbilang sangat penting karena berfungsi sebagai penyuplai energi listrik ke bagian starter, lampu, pengapian, AC, dan sebagainya sehingga mobil dapat beroperasi dengan baik. Nah, agar tidak menimbulkan masalah, aki mobil tentu perlu diganti secara berkala. Tujuan dilakukan ini adalah untuk menghindari risiko aki soak. Namun, sebelum melakukan penggantian dan membelinya di toko aki online, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Apa sajakah? Langsung disimak, deh! (dikutip dari: showroommobil)

  1. Pilih aki yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Saat ingin mengganti aki dengan yang baru, Anda dianjurkan memilih aki sesuai dengan spesifikasi mobil. Jangan memilih yang bukan tipe dan jenis bawaan mobil Anda, takutnya nanti malah menimbulkan masalah dan ujung-ujungnya mobil malah cepat rusak. Jika Anda tetap mau menggantinya dengan model terbaru, baiknya pilihlah aki yang memiliki voltage sama dan kenaikan ampere tidak melebihi angka 15%. Dengan begini, mobil Anda pun akan aman!
  2. Cek kapasitas aki yang akan digunakan. Ketika membeli aki, pastikan untuk mengecek seluruh bagian yang terdapat pada aki seperti ampere, dimensi, voltage, ukuran, dan sebagainya. Melakukan ini tentu sangat penting, tujuannya agar nanti aki yang Anda gunakan tidak mudah soak ataupun berkarat. Dan jangan sampai memilih aki bertegangan lebih tinggi dibandingkan standar mobil karena dapat merusak bagian kelistrikan mobil.
  3. Jangan membeli aki bekas. Dari segi harga, aki bekas memang terbilang murah dibandingkan aki baru. Akan tetapi, ada baiknya Anda tidak membeli aki bekas atau rekondisi ini untuk mobil Anda. Mengapa? Lantaran, menggunakan aki ini hanya akan menimbulkan masalah pada mobil Anda, untuk itu Anda tidak disarankan membelinya.
  4. Beli di toko terpercaya. Belilah aki di toko yang terpercaya, misalkan seperti toko onderdil mobil, bengkel resmi, ataupun toko khusus menjual aki. Harus, kah? Yap, membeli aki di toko terpercaya, tentu Anda akan mendapatkan aki yang terpercaya pula. Maksudnya, aki yang didapat memang asli bukan aki rekondisi. Boleh saja membeli aki online, akan tetapi baiknya lagi-lagi Anda harus memilih toko yang dapat dipercaya.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli aki untuk mobil. Semoga bermanfaat! –SH–