Home Musik

Mau Bawa Gitar Pindahan? Ini Cara Tepat untuk Mengepaknya!

Kalau kamu mau bawa gitar pindahan ke rumah baru, berikut cara tepat untuk mengemasnya. Tiru yuk!

179
0
SHARE
packing gitar
source : Google

Mengepak gitar akustik untuk dibawa pindah ke hunian baru memang tidak semerepotkan pengemasan piano atau drum. Akan tetapi, alat musik petik ini juga tetap membutuhkan trik pengemasan yang tepat dan aman agar dia tidak mengalami kerusakan dalam perjalanan.

Kalau kamu mau bawa gitar pindahan ke rumah baru, berikut cara tepat untuk mengemasnya!

Langkah 1: Kendurkan senar

Sebelum memasukkan gitar ke dalam boks atau kotak pengiriman, kamu perlu mengendurkan senar gitar akustikmu terlebih dahulu. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi tekanan yang tidak perlu pada leher gitar selama proses pengiriman. Maka dari itu, kamu perlu melonggarkan senar gitar—setidak-tidaknya sekitar 2 oktaf—agar bodi gitarmu tidak patah dalam perjalanan.

Langkah 2: Lepaskan bagian yang bisa dilepas

Sebagai langkah antisipasi kerusakan selanjutnya, kamu juga perlu melepas semua bagian gitar yang bisa dilepas. Bagian-bagian ini mencakup tali gitar, capo, penutup bridge, tuner, juga aksesori atau alat lainnya yang melekat pada gitarmu. Setelah kamu lepas, bungkuslah setiap komponen itu menggunnakan kertas kemasan dan satukan ke dalam kotak kardus kecil atau kantong plastik yang dapat ditutup rapat.

Langkah 3: Bungkus dengan hati-hati

Selanjutnya, bungkuslah setiap bagian bodi gitar dengan hati-hati. Mulailah dari bagian headstock, gunakan kertas kemasan yang lembut lalu balur dengan dua lembar bubble wrap agar bagian tersensitif ini senantiasa aman dalam pengiriman. Kalau kamu punya soft case ataupun hard case gitar akustik, maka lebih bagus lagi. Pasalnya, tas ini mampu melindungi gitarmu dari guncangan luar saat proses pengiriman. Setelah membungkus, masukkan gitar ke soft case atau hard case (jika ada).

Langkah 4: Gunakan kertas kemasan

Kalau kamu belum punya tas gitar, kamu perlu mengemas gitar menggunakan beberapa lembar kertas kemasan yang lembut. Selipkan kertas-kertas ini di antar senar dan fretboard, yang tidak boleh saling bersentuhan selama pengiriman. Terakhir, tambahkan lapisan bantalan pengaman (bisa berupa handuk bersih atau selimut lembut) ke semua bagian bodi gitar lalu masukkan gitar ke dalam boks pengiriman. Aturlah sedemikian rupa agar headstock menghadap ke atas.

Selain keempat langkah di atas, jangan lupa juga untuk menambali area “kosong” di sekitar bodi gitar dalam boks pengiriman. Tempatkanlah gumpalan-gumpalan kertas agar gitar tidak terlalu banyak bergerak dan terbentur selama proses pengiriman.