Home Kesehatan

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Rutin mengonsumsi temulawak, manfaat ini bisa Anda peroleh!

92
0
SHARE

Tahukah Anda, ternyata ekstrak temulawak sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Yap, hal ini disebabkan karena di dalam temulawak sendiri tersimpan kandungan Curcumin, yang mana dapat melindungi sel yang rusak akibat dari serangan radikal bebas yang masuk ke tubuh. Selain itu, Curcumin pun mampu menurunkan kadar enzim yang terdapat di tubuh sehingga mengatasi peradangan (inflamasi).

ekstrak temulawak
source : vemale

Tidak hanya itu, tingginya kandungan Curcumin dalam temulawak ini dapat pula memberikan sejumlah manfaat untuk tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Menangani peradangan pada mata. Melansir dari com, menurut sebuah penelitian tahap awal menyatakan jika temulawak mampu menangani peradangan yang terjadi pada mata atau dalam bahasa ilmiah disebut dengan Uveitis. Biasanya, peradangan ini terjadi akibat dari masuknya kuman dan bakteri jahat ke mata sehingga mengakibatkan pembengkakan pada iris mata. Untuk itu, jika mata mengalami peradangan, baiknya segera diatasi dengan temulawak.
  2. Mengatasi kembung. Kandungan Curcumin yang terkandung di dalam temulawak, memiliki peran untuk menstimulasi kandung empedu di dalam tubuh sehingga tidak mengherankan bila kandungan ini bisa mengatasi kembung di tubuh. Apabila kembung sudah teratasi, tentu saja sistem percernaan pun menjadi lancar. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi temulawak ini, apabila terjadi perut kembung.
  3. Menurunkan kolesterol. Benarkah dengan mengonsumsi temulawak dapat menurunkan kolesterol? Yap, ini memang benar adanya, sebab temulawak merupakan bahan tradisional yang bisa menekan nafsu makan sehingga tidak akan membuat Anda makan dalam jumlah besar. Namun, perlu diingat, hanya mengonsumsi temulawak saja tetapi tidak dibarengi dengan gaya hidup sehat, tentu tidak akan menurunkan kolesterol Anda, bukan?
  4. Menjaga fungsi hati. Manfaat temulawak yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah menjaga sekaligus memelihara fungsi hati. Ini disebabkan karena temulawak tersimpan kandungan katagoga yang mampu memproduksi empedu di dalam hati sekaligus merangsang pengosongan kembali radikal yang masuk ke empedu.

Selain keempat poin di atas, temulawak memiliki manfaat lain seperti mengurangi radang pada bagian sendi, mengencangkan kulit wajah, mengobati gastritis, dan sebagainya. Tidak hanya itu, ternyata temulawak juga bisa bermanfaat melancarkan ASI, seperti daun katuk yang efektif melancarkan ASI pada ibu menyusui. Jadi jika Anda bosan mengonsumsi daun katuk, bisa mencoba temulawak sebagai selingan. Semoga bermanfaat. –SH–