Home Kesehatan

Khasiat Mengonsumsi Kunyit untuk Kesehatan

Kunyit sangat bermanfaat loh untuk kesehatan tubuh!

114
0
SHARE

Siapa sih yang tidak kenal dengan kunyit? Salah satu jenis rempah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia dan digunakan sebagai bumbu penyedap di dalam sebuah masakan. Tidak hanya untuk masakan, kunyit pun ternyata memberikan sejumlah manfaat positif untuk kesehatan. Ini karena di dalam ekstrak kunyit sendiri tersimpan kandungan gizi yang dianggap mampu meredakan berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Kandungan tersebut berupa; antioksidan, curcumin, koleretik, kolekinetik, protein, kalsium, zat besi, vitamin A, B1, C, fosfor, lemak, energi, karbohidrat, dan sebagainya.

ekstrak kunyit
source : alodokter

Adapun beberapa manfaat dan khasiat yang diberikan kunyit untuk meredakan penyakit berbahaya yang menyerang tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut:

Memperlambat penuaan

Melansir dari alodokter.com, sebuah penelitian membuktikan jika kunyit dapat memperlambat penuaan. Hal ini disebabkan karena tingginya kandungan senyawa kurkumin di dalam kunyit. Disamping itu, senyawa kurkumin pun dapat membantu menghambat pertumbuhan protein abnormal (beta amyloid) pada penderita Alzheimer. Namun, terlepas dari itu semua, sayangnya kurkumin tidak mampu menyembuhkan gejala yang muncul pada pengidap Alzheimer.

Mencegah perkembangan tumor

Tingginya kandungan kurkumin yang terdapat di kunyit ini, nyatanya dapat mencegah semakin berkembangnya tumor ganas di tubuh, khususnya bagi penderita kanker usus besar. Penelitian menyebutkan jika senyawa yang tersimpan di kunyit ini mampu menghambat perkembangan sel tumor yang menyerang tubuh. Namun, sebelum menggunakan kunyit ini, baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke Dokter.

Meringankan infeksi

Anda pasti pernah melihat, jika ada yang membaluri luka dengan kunyit? Nah, tahukah Anda, jika kunyit mampu menyembuhkan luka sekaligus meringankan infeksi? Ini bukan tanpa alasan, sebab kandungan antimikroba yang terdapat di dalam kunyit bisa melawan bakteri, parasit, dan jamur yang tumbuh di area luka sehingga tidak akan menyebabkan infeksi. Namun, penggunaan kunyit ini baiknya dihaluskan dan dibuat seperti bubur, kemudian diolesi ke bagian luka.

Ngomong-ngomong infeksi, ada neh daun meniran yang juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh khususnya untuk mengurangi infeksi ketika tubuh terkena virus atau bakteri.

Mengobati gangguan empedu

Ternyata kunyit pun mampu mengatasi gangguan empedu yang terjadi di dalam tubuh. Lantaran, sifat senyawa koleretik dan kolekinetik yang ada di kunyit mampu menstimulasi aliran empedu dan menstimulasi kontraksi yang muncul di kantong empedu.

Selain manfaat di atas, kunyit juga dipercaya bisa mengobati infeksi pada tenggorokan, sebagai antiracun untuk penyakit tertentu, meredakan gangguan defisiensi vitamin C, menurunkan berat badan, dan sebagainya. Semoga bermanfaat! –SH–