Home Apartemen

Manfaat Cuka untuk Membersihkan Apartemen

Siapa sangka, cuka juga bermanfaat untuk membersihkan apartemen, loh. Ini dia manfaatnya!

197
0
SHARE
manfaat cuka
source : google

Bertempat tinggal di kondominium seperti apartemen Jakarta Selatan memang memberikan keuntungan seperti keamanan tingkat tinggi, kenyamanan atas fasilitas yang ditawarkan, serta kemudahan dalam hal perawatannya. Semua ini karena ukuran unit apartemen seringnya cenderung lebih kecil dibandingkan ukuran sebuah rumah. Namun, bukan berarti pemeliharaan unit sendiri menjadi suatu hal yang bisa diabaikan begitu saja, kan? Salah satu yang tetap perlu kamu perhatikan sebagai pemilik unit adalah kebersihan.

Nah, bersih-bersih dengan sabun purifikasi pasti sudah menjadi hal kebiasaan semua orang. Namun, tahukah kamu bahwa cuka memiliki banyak manfaat untuk membersihkan sebuah tempat tinggal dan barang-barang di dalamnya? Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya, ya.

Cuka merupakan salah satu bahan baku memasak yang biasanya hadir di dapur rumah. Tersusun dari 4 hingga 18% asam asetat yang dicampurkan dengan air, zat ini memiliki rasa asam dan aroma menyengat. Cuka biasanya ditambahkan pada makanan yang membutuhkan cita rasa kecut, seperti acar, asinan buah dan rujak. Akan tetapi, selain untuk pelengkap masakan, cuka juga bermanfaat untuk hal-hal berikut:

  • Membersihkan mesin cuci pakaian. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa cuka dapat membersihkan mesin cuci dan mengangkat sisa-sisa residu sabun yang tertinggal di dalamnya. Cukup dengan satu cup cuka yang dituangkan ke tempat detergen dan air panas, kamu sudah dapat membersihkan mesin cuci pakaianmu dan membuatnya seolah benda baru.
  • Membersihkan mesin pembuat kopi. Kalau kamu pencinta kopi dan memiliki benda ini di unit apartemenmu, kamu bisa mencoba membersihkan sisa-sisa mineral yang tertinggal dalam mesin pembuat kopimu. Cukup menambahkan cuka ke dalam wadah air pada coffee maker, maka dengan sendirinya residu yang tertinggal akan terangkat.
  • Membersihkan ubin dan kaca. Cuka juga dapat kamu gunakan untuk membuat ubin dan kaca apartemenmu mengilap. Campurkan air dengan sedikit cuka untuk kemudian dijadikan pembersih alami. Jika kamu kurang suka dengan bau asam yang mungkin menempel pada ubin dan kaca setelah dilap dengan air campuran cuka, kamu bisa mengelapnya kembali dengan pewangi ruangan.

Nah, itulah dia 3 manfaat cuka yang dapat digunakan untuk kebersihan apartemen. Jangan lupa menyetok cuka di dapurmu, ya. Pasalnya, ia juga bermanfaat untuk membersihkan beberapa benda-benda di atas, kan? Semoga artikel ini bermanfaat, ya!