Home Liburan

Liburan Seru ke Jembatan Suramadu

Yuk, liburan ke jembatan terpanjang di Indonesia yakni Jembatan Suramadu!

548
0
SHARE
jembatan suramadu
source : surabaya online

Pernah wisata ke Surabaya? Sesampainya di sana kamu bisa menikmati berbagai macam tempat wisata dan menginap di Surabaya hotel yang nyaman. Selain wisata kuliner, alam, dan pusat perbelanjaan, ada satu objek wisata unik yang jarang ditemukan di Indonesia. Yup, jembatan Suramadu. Jembatan ini bukan hanya merupakan jembatan terpanjang se-Indonesia tapi juga jembatan paling panjang ketiga setelah Jembatan Penang di Malaysia, dan Mawlamyaing di Myanmar.

Jembatan yang memiliki panjang 5,4 kilometer ini menghubungkan kota Surabaya dengan pulau Madura. Ini juga menjadi alasan mengapa jembatan ini memiliki nama “Suramadu” yang tak lain merupakan gabungan antara Surabaya dan Madura.

Awalnya pada tanggal 14 Januari 2002 Gubernur Jawa Timur, Imam Utomo melakukan sosialisasi pembangunan jembatan Suramadu kepada ulama dan tokoh masyarakat Madura di Pamekasan. Ternyata, ide tersebut disambut baik oleh masyarakat dan akhirnya bisa direalisasikan.

Jadi, jika kamu ingin merasakan seperti apa sensasi berwisata di jembatan gantung, nggak perlu jauh-jauh lagi deh ke San Fransisco, California. Tak usah ke Golden Gate Bridge, Jembatan Suramadu juga menyediakan beberapa kegiatan wisata yang seru kok, seperti ini misalnya:

  • Naik perahu. Jika ingin mengamati keindahan jembatan Suramadu dengan cara unik, kamu bisa naik perahu nelayan yang tersedia di sekitar pantai. Hanya dengan membayar tarif sekitar Rp10.000 – Rp50.000 kamu bisa mengelilingi Selat Madura dan melintas di bawah jembatan Suramadu. Tertarik?
  • Mencari kerang bambu di tepi pantai. Di pantai sekitar jembatan Suramadu, biasanya banyak orang yang mencari kerang bambu, kepiting, keong laut. Terutama di bulan Ramadhan. Kamu bisa berburu hewan-hewan laut tersebut dengan secukupunya.
  • Menikmati pemandangan sunset atau sunrise. Jika kurang tertarik untuk berburu hewan atau naik perahu, kamu bisa sekedar menikmati pemandangan di jembatan Suramadu. Jembatan ini memiliki menyuguhkan pemandangan indah saat sunrise dan sunset. Bahkan saat malam hari, lampu-lampu cantik pun menghiasi jembatan ini.

Meskipun sebenarnya jembatan ini dibangun untuk mempermudah akses dari pulau Jawa ke Madura, namun ternyata banyak hal seru yang bisa kamu lakukan, lho! (Rima)