Home Motor

Begini Cara Hilangkan Karatan Pada Knalpot Motor Matic

Knalpot motor matic Anda berkarat? Yuk, cari tahu tips mudah menghilangkannya!

214
0
SHARE

Salah satu bagian komponen motor matic yang kerapkali mengalami karatan adalah knalpot. Knalpot sendiri berfungsi sebagai saluran pembuangan dari sisa pembakaran yang terjadi dalam komponen mesin kendaraan. Jika knalpot tersebut berkarat, tentu bisa mengurangi kinerjanya saat membuang kotoran dari mesin motor. Untuk itu, sangat penting dilakukan perawatan setiap hari. Tahukah Anda, merawat motor terutama pada komponen yang sudah berkarat sama pentingnya dengan mencari tahu daftar harga oli motor matic yang akan digunakan untuk motor matic Anda.

cara menghilangkan karatan pada knalpot
source : bmwblog

Lalu, bagaimana cara menghilangkan karatan yang muncul pada knalpot motor matic ini? Yuk, langsung saja kita lihat pembahasannya di bawah ini!

  1. Stempet. Sebagian dari Anda mungkin sempat bertanya-tanya, apa sih stempet itu? Nah, stempet atau dikenal dengan vaselin merupakan lem pelumas yang bisa dimanfaatkan untuk membasmi karatan yang muncul pada knalpot motor. Cara penggunaannya juga terbilang sangat mudah, Anda tinggal memanaskan sepeda motor hingga temperatur knalpot meningkat, kemudian oleskan stempet ini pada bagian yang berkarat. Tunggu beberapa saat, dan hasilnya karatan pun langsung menghilang.
  2. Oli. Tidak hanya digunakan untuk cairan pelumas di dalam mesin kendaraan, oli juga bisa dijadikan sebagai cairan untuk menghilangkan karatan pada knalpot kendaraan Anda. Sama halnya dengan stempet, penggunaan oli ini juga dengan memanaskan mesin kendaraan sampai knalpot panas, selanjutnya langsung olesi oli ke bagian knalpot yang berkarat. Diamkan beberapa menit, lama-kelamaan Anda akan melihat karatan melumer bersamaan dengan oli.
  3. Pasta gigi. Ternyata, pasta gigi yang biasa digunakan untuk memutihkan sekaligus merawat gigi pun bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan karatan. Cara menghilangkannya, cukup dengan memolesi pasta gigi ke bagian knalpot yang sudah dilapisi dengan krom terlebih dahulu. Biarkan selama beberapa menit, lalu langsung gosok dengan kain lap hingga karatan menghilang.
  4. Porstex. Menghilangkan karatan pada knalpot pun bisa dengan menggunakan porstex (cairan pembersih keramik). Bagaimana caranya? Cukup dengan menuangkan cairan ini ke dalam sebuah wadah dan langsung oleskan secara merata pada knalpot. Tunggu sejenak, berikutnya gosok dengan sikat gigi bekas sampai karatannya menghilang.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa diikuti jika Anda ingin menghilangkan karatan pada knalpot motor matic Anda. Namun, hal ini mungkin tidak bisa kamu coba pada motor matic karena bahan pembuatan knalpot pada motor matic dan manual berbeda. Selamat mencoba! –SH–