Home Kesehatan

Lancarkan ASI dengan Jamu Tradisional!

Mau ASI lancar? Minum beberapa jamu tradisional berikut! Dipercaya, rutin mengonsumsi jamu tradisional dapat membantu melancarkan ASI, loh.

380
0
SHARE
jamu tradisional untuk melancarkan ASI
source : ShopBack

Selain kerap dimanfaatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ternyata jamu yang biasanya dibuat dari bahan alami ini bisa pula dijadikan sebagai minuman pelancar ASI. Hal ini bukan tanpa sebab, jamu tersebut mengandung senyawa tanin, flavonoid, zat saponin sehingga dapat membantu melancarkan keluarnya air susu ibu. Selain itu, jamu ini juga mengandung minyak atsiri yang berkhasiat untuk melancarkan ASI. Adapun beberapa jamu tersebut adalah sebagai berikut ini, here we go!

  1. Jamu temulawak. Tahukah Anda, ternyata temulawak sangat bermanfaat untuk melancarkan ASI karena kaya akan kandungan zat aktif. Misalkan seperti; thiamin, potassium, riboflavin, minyak atsiri, kurkumin, vitamin, magnesium, sodium, serat, asam folat, niacin, kalsium, zat besi, dan lain sebagainya. Cara membuat jamu ini pun tidaklah sulit, Anda tinggal menyiapkan satu rimpang temulawak, beberapa helai daun pegangan, tiga rimpang kunyit dan kencur, satu sendok teh, dan teh adas. Selanjutnya, cuci semua bahan yang sudah disiapkan, lalu tumbuk bahan tersebut. Setelah itu, hasil tumbukan diberi air sekitar dua gelas, peras dan saring air perasan. Anda juga bisa menambahkan gula aren, agar rasanya terasa semakin enak.
  2. Jamu pala asam. Tidak hanya temulawak, Anda juga bisa membuat jamu pala asam. Jamu ini terbuat dari pala sekaligus buah asam. Dipercaya, kedua bahan ini dapat membantu melancarkan air susu, sebab mengandung minyak atsiri, saponin, vitamin, kalsium, zat besi, enzim lipase, protein, dan masih banyak yang lainnya. Lantas, bagaimana cara membuatnya? Siapkan buah asam, satu biji buah pala, kayu manis sedikit, ketumbar satu sdt, dan mungsi satu sdt. Cuci bersih bahan tersebut dan masukkan ke dalam panci yang ditambahkan dua gelas air putih. Lalu, rebus sampai air mendidih, angkat dan saring air rebusan. Diamkan sampai air hangat-hangat kuku, selanjutnya Anda bisa meminumnya.
  3. Jamu daun katuk. Apakah Anda kenal dengan daun katuk? Nah, daun katuk sendiri merupakan salah satu daun yang sangat membantu memperbanyak ASI, lantaran menyimpan kandungan flavonoid, minyak atsiri, tanin, zat saponin, dan lainnya. Caranya? Ambil satu genggam daun katuk, satu genggam daun pegangan, dua rimpang jari temulawak, dua rimpang jari kunyit. Kemudian, cuci bersih bahan dan jangan sampai lupa mengupas bagian kunyit dan temulawak. Berikutnya, Anda bisa menumbuk semua bahan yang diberi tambahan air matang. Setelah selesai, saring air hasil tumbukan dan tambahkan sedikit gula aren.

Itulah beberapa jamu tradisional yang dapat membantu melancarkan ASI. Selain jamu tradisional, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa sayuran yang dipercaya dapat melancarkan ASI. Selamat mencoba ya, Bu! –SH–