Home Kesehatan

Kurang Tidur Bikin Kamu Boros, Benar Gak Sih?

Tidak hanya berbahaya untuk kesehatan, ternyata kurang tidur bisa membuatmu boros, loh. Kok, bisa?

314
0
SHARE

Selain berbahaya untuk kesehatan, kurang tidur ternyata bisa membuatmu boros. Kenapa, ya? Yap, ini karena saat waktu tidurmu kurang atau bahkan keseringan bergadang, maka kondisi ini dapat membuat metabolisme tubuhmu menjadi terganggu. Yang paling parahnya lagi malah dapat meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi banyak makanan, entah itu cemilan sehat atau yang mengandung lemak jahat.

efek kurang tidur
source : harian sehat

Di samping itu, kurang waktu tidur tersebut juga memberikan dampak yang buruk terhadapmu, seperti;

  1. Nafsu makan meningkat. Suka bergadang sampai pagi? Jika ya, maka mulai dari sekarang cobalah untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Sebab selain tidak bagus untuk kesehatan, bergadang pun dapat meningkatkan nafsu makanmu. Kondisi ini terjadi karena saat bergadang metabolisme tubuhmu menjadi melambat dan malah membuat hormon gherlin mengalami peningkatan. Hormon inilah yang dapat menjadi pemicu meningkatnya nafsu makan. Jika sudah begini, dampaknya tentu membuat kamu ingin mengonsumsi lebih banyak makanan dan ujung-ujungnya malah membuat isi kantong terkuras habis saat membeli makanan tersebut.
  2. Berat badan naik. Dampak paling membahayakan yang ditimbulkan oleh kurang tidur ini adalah berat badanmu bertambah hingga berkali-kali lipat. Apabila berat naik, tentu saja pakaian yang biasa kamu gunakan untuk bepergian maupun ke kantor pun tidak akan muat lagi, sehingga menuntut kamu untuk membeli baju baru. Saat gajian, yang ada di daalam pikiranmu pun hanya membeli baju baru yang harganya tidak murah.
  3. Mengantuk saat berkendara. Kekurangan waktu tidur bisa membuat kamu merasa ngantuk ketika berkendara. Efeknya, dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Bila kamu mengalami kecelakaan, tentu uang yang harus dikeluarkan untuk pengobatan pun tidak sedikit. Bahkan, parahnya lagi, kecelakaan pun bisa merenggut nyawamu sendiri. Untuk itulah, penuhi waktu tidur sesuai yang dianjurkan.

Selain beberapa dampak yang sudah disebutkan di atas, kurang tidur pun bisa memicu timbulnya penyakit berbahaya pada tubuhmu seperti jantung, stroke, hati, dan sebagainya. Dan kondisi ini juga dapat menyebabkan kamu lemas saat bekerja dan kemampuan berpikir mengalami penurunan. Oleh sebab itu, cukupi waktu tidur sebanyak delapan jam perhari, ya! Semoga bermanfaat! –SH–