Home Liburan

Kunjungi Candi Terkenal di Yogyakarta, Yuks! (bagian 3)

Tidak hanya dikenal memiliki wisata alam yang memesona, kota Yogyakarta pun juga dikenal menyimpan berbagai macam candi dengan tampilan yang sungguh menawan.

98
0
SHARE

Gimana? Masih menantikan kelanjutan artikel yang membahas tentang candi mana sajakah yang dianggap cukup terkenal di kota Yogyakarta di bagian 1 maupun 2, dan masuk ke dalam kategori paling banyak dicari di Indonesia tourism marketplace? Bila ya, maka di artikel ini akan kami lanjutkan kembali beberapa candi yang memiliki keindahan bangunan yang bisa dibilang sangat menakjubkan. Berikut adalah beberapa candinya. Simak, yuks!

  • Candi Plaosan
Indonesia tourism marketplace
source : Google

Candi Plaosan merupakan sebuah candi yang terletak di kota Yogyakarta dan terbagi menjadi dua bagian. Dimana, terdapat Candi Plaosan Kidul yang berlokasi di bagian Selatan, sekaligus Candi Plaosan Lor yang berada di bagian utara. Menurut ahli, dulunya candi Plaosan ini dibangun pada awal abad ke 9 di masa pemerintahan Rakai Pikatan. Apabila dilihat dari coraknya, candi Plaosan ini dibuat dengan perpaduan antara agama Buddha dan Hindu. Dipercaya, candi yang satu ini pun didirikan karena adanya jalinan kasih antara Pramudya Wardhani dan Rakai Pikatan.

  • Candi Barong
Indonesia tourism marketplace
source : Google

Berlokasi di bagian selatan Candi Prambanan, Candi Barong ini dibuat di atas sebuah perbukitan di Dusun Candisari, kota Yogyakarta. Dibangunnya candi Barong yang dihiasi dengan kepala singa atau dikenal dengan nama Kala Makara ini, berfungsi untuk tempat beribadah bagi umat Hindu. Ibadah yang dilakukan pun untuk memuja dewa dan dewi mereka, yakni Dewa Wisnu dan Dewi Laksmi.

  • Candi Gebang
Indonesia tourism marketplace
source : Google

Menurut cerita, dulunya di bagian kanan dan kiri pintu masuk menuju candi ini terdapat sebuah Arca Nandiswara, namun apabila memasuki bagian dalam candi dipenuhi dengan Arca Mahakala. Akan tetapi, sayangnya kedua Arca ini kini sudah hilang bak ditelan bumi, dan tidak diketahui pasti hilangnya kemana. Kendati demikian, tapi saat mengunjungi candi ini kamu masih tetap bisa melihat keindahan yang disuguhkan candi. Yang mana, ketika memasuki candi ini kamu akan melihat patung Yoni yang berdiri menghadap ke timur, Arca Ganesha yang duduk di atas sebuah patung Yoni dengan arah ke utara, dan patung Lingga yang terletak di sebuah bantalan Seroja.

Wah, banyak sekali ya candi yang terkenal di kota Yogyakarta ini? –SH–