Home Liburan

Kunjungi Candi Terkenal di Yogyakarta, Yuks! (bagian 2)

Tidak hanya dikenal memiliki wisata alam yang memesona, kota Yogyakarta pun juga dikenal menyimpan berbagai macam candi dengan tampilan yang sungguh menawan.

131
0
SHARE

Menjadi salah satu kota yang memiliki pemandangan alam super menakjubkan di Indonesia, kota Yogyakarta yang dikenal dengan makanan gudegnya ini terkenal pula mempunyai banyak candi yang cukup diakui keindahannya oleh para wisatawan baik turis domestik maupun mancanegara. Saking indahnya berbagai candi yang berdiri kokoh di kota Yogyakarta ini, tidak mengherankan jika masuk ke dalam warisan dunia UNESCO sekaligus paling banyak di cari di situs marketplace travel Indonesia.

Kembali melanjutkan artikel pertamanya, berikut adalah beberapa candi yang sangat terkenal di Yogyakarta dan sangat wajib kamu kunjungi apabila tengah berkunjung ke kota ini.

  • Candi Mendut
marketplace travel Indonesia
source : Google

Memiliki jarak hanya 3 km dari candi Prambanan, Candi Mendut yang tidak diketahui kapan tahun pasti dibangunnya ini cukup terkenal di Yogyakarta. Di dalam candi yang sangat megah ini, terdapat tiga buah arca yang mungkin belum diketahui oleh banyak wisatawan. Diantaranya, Arca Bodhisattva Avalokiteswara yang terletak di bagian kanan candi dan diartikan sebagai Buddha penolong umat manusia. Selanjutnya, ada Arca Buddha Sakyamuni yang dibuat dengan posisi Buddha sedang memberikan khutbah. Terakhir, Arca Maitreya Buddha yang digambarkan sebagai Buddha yang memberikan pembebasan pada umat manusia.

  • Candi Ratu Boko
marketplace travel Indonesia
source : Google

Berjarak sama dengan candi Mendut yakni 3 km, Candi Ratu Boko ini didirikan pada pemerintahan Rakai Panangkaran salah seorang keturunan dari Wangsa Syailendra. Namun, ada sedikit perbedaan di candi yang satu ini, dimana candi ini dibuat dengan perpaduan antara agama Hindu dan Buddha. Hal ini pun dapat dilihat dari adanya patung Yoni, Arca Ganesha, patung Lingga, sekaligus lempengan emas dengan nama Om Rudra yang menghiasi candi Ratu Boko ini.

  • Candi Pawon
marketplace travel Indonesia
source : Google

Terletak sangat dekat dengan Candi Mendut, Candi Pawon ini disebut-sebut sebagai candi penghubung antara candi Mendut dengan candi Borobudur. Berdasarkan pengamatan, tidak sedikit yang mengira jika candi Pawon ini hanyalah sebuah makam untuk kerabat kerajaan yang dulunya pernah berjasa di kota Yogyakarta. Namun, setelah dilakukan penelitian, barulah diketahui bila di dalam candi ini terdapat banyak senjata miliki raja Indra bernama Vajranala.

Gimana? Apakah kamu mulai tertarik untuk melihat semua candi yang berlokasi di kota Yogyakarta ini? Eits, jangan beranjak dulu ya karena masih ada candi lain yang bisa kamu datangi apabila tengah berlibur di kota gudeg ini. Tunggu di bagian tiganya! Hehe –SH–