Home Mobil

Beragam Jenis Truk yang Mudah Ditemui di Jalan

Yuk, ketahui beberapa jenis truk angkutan barang yang hilir mudik di jalan raya.

361
0
SHARE
beragam jenis truk barang
source : google

Ketika sedang berada di jalan raya, pernahkah Anda memerhatikan truk semen atau truk lain yang lalu lalang di sana? Ada berbagai jenis truk yang mudah ditemukan di jalan, namun demikian, apakah Anda bisa mengidentifikasikannya dengan mudah? Jika jawabannya tidak, mungkin artikel ini bisa membantu Anda untuk mengenalinya satu persatu 😀

  1. CDE. CDE merupakan akronim dari Colt Diesel Engkel. Truk ini termasuk ke dalam golongan truk berkapasitas kecil. Namun demikian, meski kecil, truk ini sangat fungsional karena bisa dimanfaatkan untuk berbagai pengiriman. Bentuknya yang kecil pun sangat menguntungkan karena truk ini bisa dengan mudah berjalan di jalan raya atau bahkan gang kecil (selama bisa dilalui mobil pribadi). CDE memiliki empat ban, dua di depan dan dua di belakang.
  2. CDD. Selain CDE, CDD juga menjadi salah satu truk yang cukup populer dan mudah ditemukan di jalan raya. CDD atau Colt Diesel Double memiliki enam ban dengan pembagian dua di bagian depan dan empat ban di bagian belakang. Jika CDE memiliki kapasitas maksimum dua ton, maka CDD memiliki kapasitas maksimum yang lebih besar yaitu sebesar empat ton.
  3. Truk trailer biasa digunakan untuk mengangkut barang-barang yang memiliki beban berat karena daya angkutnya mencapai 20 hingga 60 ton. Tak heran jika truk trailer sering dijadikan alat angkut untuk kendaraan berat. Truk ini memiliki jumlah ban yang cukup banyak, yaitu 16 sampai 24 ban. Bentuknya yang besar membuat truk ini agak sulit untuk dikendarai. Tak sembarang orang bisa mengendarai truk trailer dan hanya orang yang sudah memiliki sertifikasi lah yang bisa.
  4. Container memang bukan sebuah truk, tetapi sebuah peti kemas. Biasanya, container ini disewakan bersamaan dengan trailer untuk membawa barang ukuran besar. Ukuran container sendiri beragam, ada container 20 feet, container 40 feet, dan container high cube. Sementara itu, jika dilihat dari tipenya, container ada 2, container dry, dan container reefer. Dalam truk trailer, container ini akan dipasang di atas permukaan datar truk.

Itu dia beberapa jenis truk yang mungkin bisa dengan mudah Anda temui di jalan. Semoga bermanfaat, ya! (TR)