Home Otomotif

Kapan Waktu Terbaik untuk Mengisi Bahan Bakar?

Kapan sih waktu terbaik untuk mengisi bahan bakar minyak? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel ini!

60
0
SHARE

Mengetahui waktu terbaik untuk mengisi bahan bakar memang sangat penting untuk Anda. Selain bagus untuk mesin kendaraan, pengetahuan ini dapat pula membantu Anda mendapatkan bahan bakar yang berkualitas sekalipun tidak membelinya melalui supplier bahan bakar ataupun supplier solar. Salah satu contohnya membeli pada pagi buta atau suhu udara masih terbilang sangat dingin. Hal ini karena pada jam segini bahan bakar masih kental dan memiliki kualitas bagus.

waktu terbaik mengisi bahan bakar
source : businesstech

Selain itu, Anda pun sangat disarankan untuk membeli bahan bakar minyak di waktu berikut ini, diantaranya adalah:

  1. Tengah malam. Sebagian dari Anda mungkin malas untuk mengisi bahan bakar ketika tengah malam, bukan? Padahal, waktu ini merupakan waktu terbaik untuk Anda mengisi BBM tersebut karena bahan bakar lebih kental sekaligus jernih daripada biasanya. Tidak hanya itu, di jam ini bahan bakar pun bebas dari kotoran dan memiliki kualitas yang sangat bagus sehingga tidak akan merusak mesin kendaraan. Biasanya, suhu paling bagus untuk mengisinya adalah sekitar pukul 02.30.
  2. Pagi hari. Seperti yang sudah disebutkan di atas, pagi hari juga merupakan waktu paling bagus bagi Anda untuk mengisi kendaraan dengan bahan bakar. Sama halnya dengan tengah malam, di waktu ini bahan bakar masih sangat kental, tidak kotor, dan berkualitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk Anda mengisinya.

Akan tetapi, untuk menghindari supaya tidak merusak kendaraan, maka waktu yang tidak diperbolehkan untuk mengisi bahan bakar adalah sebagai berikut:

  • Siang hari. Mengapa tidak dibolehkan mengisi bahan bakar saat siang hari? Hal ini karena suhu cuaca sedang naik, begitupun dengan suhu di dalam bumi. Saat terjadi kenaikan suhu ini, bahan bakar mengalami penguapan sama halnya ketika Anda merebus air hingga mendidih. Terjadinya penguapan tentu membuat bahan bakar berubah menjadi cair, kotor, dan kurang bagus.
  • Saat SPBU mengisi ulang BBM. Waktu selanjutnya yang tidak dianjurkan bagi Anda untuk mengisi bahan bakar adalah ketika SPBU mengisi ulang kembali tank bahan bakarnya. Sebab, pada saat ini kotoran yang mengendap di dalam tank utama akan terbawa dan masuk ke tank kedua. Hal ini tentu tidak bagus untuk kendaraan.

Itulah waktu terbaik bagi Anda mengisi bahan bakar, yang dimaksud sini bahan bakar apapun. Jika bingung, sebenarnya ada 3 jenis bahan bakar yang beredar sekarang ini. Semoga membantu dan memberikan banyak manfaat! –SH–