Home Liburan

Kampung Batik Paling Hitz di Indonesia

Liburan seru di kampung batik, yuks! Selain bisa liburan, di kampung ini kamu pun bisa melihat langsung pembuatan batik yang sangat terkenal di Indonesia!

53
0
SHARE

Batik merupakan warisan leluhur asal negara Indonesia yang terbuat dari kain bergambar dan dibuat dengan cara ditulis. Saat ini, batik sudah dinobatkan sebagai warisan dunia UNESCO yang memiliki kekhasan tersendiri dan sangat terkenal di kalangan para wisatawan. Hal inilah yang menjadi cikal-bakal dibuatnya kampung batik di berbagai kota di Indonesia. Dengan mengusung tema batik, sejumlah kampung ini memberikan tampilan yang sangat eksotis dan tidak kalah menarik dengan wisata alam yang kini bisa ditemukan di Indonesia tourism exchange.

Indonesia tourism exchange
source : national geographic Indonesia

Lalu, seperti apakah tampilan kampung batik yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia ini? Adapun diantaranya adalah sebagai berikut berdasarkan pada travel.idntimes.com:

  1. Kampung Batik Banten. Ada yang sudah pernah mengunjungi kampung ini? Kampung Batik Banten ini berlokasi di Jl. Bhayangkara, Kampung Kubil, Kelurahan Sumur Pecung, Kecamatan Cipocok Jaya, Serang, Banten. Di kampung ini, batik dihias dengan warna abu-abu muda dan menjadi kota pertama yang mendapatkan penghargaan dari UNESCO karena batiknya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, di kampung ini batik dibuat selama tiga sampai tujuh hari.
  2. Kampung Batik Semarang. Sempat memudar namanya, Kampung Batik Semarang yang berlokasi di Jl. Pattimura Kelurahan Rejomulyo ini mampu kembali menarik banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Disini, kamu bisa melihat jalanan yang mana dindingnya dihiasi oleh hiasan batik yang biasanya dijadikan sebagai pakaian. Untuk bisa melihat keindahan dari kampung ini, kamu tinggal membayar uang sekitar Rp 20.000 – 30.000.
  3. Kampung Batik Ngasem. Jika kamu sering mengunjungi kota Yogyakarta, maka tentu sudah tidak asing dengan Kampung Batik Ngasem. Di kampung ini, kamu bisa mengelilingi bangunan mewah dan megah yang dihiasi dengan nuansa yang sangat menarik untuk dilihat. Apabila kamu ingin membeli batik di kampung ini, baiknya pintar-pintarlah saat menawar. Sebab, jika tidak ditawar tidak menutup kemungkinan kamu akan diberikan harga yang sangat mahal.
  4. Kampung Batik Kauman. Di daerah Pekalongan, kamu pun bisa menemukan kampung batik bernama Kauman. Kampung ini sudah diresmikan semenjak tahun 2007. Disini, kamu bisa melihat berbagai rumah berdesain lama yang dibangun pada zaman dahulu dan dapat pula melihat langsung pembuatan batik yang dibuat dari berbagai corak sehingga lebih berwarna.

Itulah beberapa kampung batik terkenal di Indonesia. –SH–

LEAVE A REPLY