Home Kesehatan

Apakah Jinten Hitam Berkhasiat untuk Kesehatan?

Ternyata, jinten hitam memberikan sejumlah khasiat untuk tubuh. Apa sajakah? Langsung disimak di bawah ini, yuks!

63
0
SHARE

Saat mendengar nama jinten hitam, apa yang terlintas dibenak Anda? Biji berukuran kecil dengan bentuk mirip bulan sabit? Yaps, jawaban Anda sangat tepat sekali. Jinten hitam atau dikenal dengan istilah Habbatussauda adalah sejenis rempah-rempah berbentuk bulan sabit dengan ciri khas berwarna hitam pekat. Biasanya, tanaman ini tumbuh subur di daerah Timur Tengah, Pakistan, India, Jazirah Arab, dan Afrika Utara. Menurut sejumlah penelitian menyatakan jika, ekstrak jinten hitam ini mengandung berbagai kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh.

ekstrak jinten hitam
source : pusat obat pelangsing

Bahkan, khasiat yang diberikan oleh jinten pun bisa menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Selain itu, jinten hitam pun memberikan sejumlah manfaat yang sangat bagus untuk tubuh, seperti misalnya sebagai berikut:

  1. Mengobati penyakit asma. Tingginya kandungan Thymoquinone yang terkandung di dalam jinten hitam, ternyata dapat mengobati penyakit asam yang kerapkali menyerang tubuh. Thymoquinone sendiri merupakan senyawa aktif yang memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh. Riset membuktikan jika rutin mengonsumsi jinten hitam dapat meningkatkan fungsi paru-paru, sehingga asma pun bisa diatasi.
  2. Meningkatkan konsentrasi pada otak. Omega 3 dan Omega 6 (asam linoleate) yang tersimpan pada biji jinten hitam dapat membantu memberikan kecukupan nutrisi untuk otak, sehingga dapat meningkatkan konsentasi. Selain itu, kandungan ini pun dapat melancarkan sistem peredaran darah menuju otak.
  3. Melancarkan saluran pencernaan. Menurut jurnal Farmasi Pakistan menyatakan bahwa, E Coli dan Strainbakteri V Colera dapat dibunuh dengan minyak volatile yang terdapat di jinten hitam. Saat bakteri ini dibunuh, tentunya dapat memperlancar saluran pencernaan dalam tubuh.
  4. Menetralkan racun di tubuh. Munculnya racun pada tubuh, biasanya dapat mengganggu kinerja organ tubuh. Namun, dengan adanya jinten hitam ini, maka racun di tubuh pun bisa dihilangkan dengan sangat mudah. Sebab, dalam air jinten hitam sendiri mengandung saponin yang berperan penting membersihkan segala racun yang masuk ke tubuh. Di samping itu, gejala diare dan gangguan pernapasan yang timbul akibat racun juga bisa diatasi dengan cepat.

Selain khasiat di atas, jinten hitam pun memiliki khasiat lain berupa mengobati alergi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit diabetes, mengatasi kanker usus besar, dan sebagainya. –SH–