Home Motor

Begini Proses Mengetes Nosel Injektor pada Sepeda Motor

Cara mudah mengetes nosel injektor pada sepeda motor Anda.

63
0
SHARE

Nosel Injektor merupakan sebuah komponen yang terdapat di dalam bagian sistem bahan bakar, yang berfungsi untuk mengabutkan sistem bahan bakar dengan kekuatan tinggi sampai dengan 200 bar. Biasanya, nosel injektor ini hanya akan mengabutkan bahan bakar di dalam sepeda motor yang dihasilkan oleh FIP atau dikenal dengan nama Injection Pump. Sehingga, apabila Injection Pump ini tidak bekerja, maka nosel injektor pun tidak akan dapat mengabutkan bahan bakar meski sudah menggunakan bahan bakar atau bensin yang memiliki kualitas bagus maupun memakai oli mesin terbaik.

oli mesin terbaik
source : google

Kendati demikian, namun untuk melihat apakah sistem nosel injektor ini masih berfungsi dengan sempurna ataupun tidak, maka terdapat beberapa proses pengetesan yang bisa dilakukan oleh para pengguna. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Melakukan leakage tes. Leakage tes sendiri merupakan salah satu pengetesan yang dilakukan untuk melihat apakah ada komponen yang mengalami kebocoran atau tidak. Terkadang, apabila komponen nosel injektor ini bocor, maka akan berakibat fatal pada bagian mesin sepeda motor. Bahkan, meski bagian injektor sudah menutup dengan sempurna, tetapi jarum pada nosel bocor dapat menimbulkan kebakaran hebat. Oleh sebab itu, untuk menghindari hal yang semacam ini, ada baiknya kalian pengguna kendaraan sepeda motor dengan memanfaatkan injektor harus mengeceknya setiap saat.
  2. Melakukan flow tes. Biasanya, kemampuan yang dihasilkan oleh nosel injektor ini akan terlihat jelas apabila melakukan flow tes. Dimana, aliran nosel injektor ini akan diukur dan dilihat apakah sudah menyesuaikan dengan kapasitas standar yang sudah ditetapkan. Namun, untuk pengetesan flow tes ini akan menghasilkan perbedaan diantara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya. Akan tetapi, kebanyakannya ukuran yang diberikan oleh tes ini dipatok hingga lima bar.
  3. Melakukan spray tes. Berbeda dengan tes sebelumnya, untuk spray tes ini pengguna akan mengetahui bagaimana pola penyemprotan yang akan dihasilkan oleh nosel injektor. Untuk pola pengetesan bahan bakar yang sempurna, akan berada di bagian sebelah kiri injektor. Akan tetapi, untuk yang bagian tengah maupun kanan tidak akan menghasilkan proses pembakaran yang sempurna.

Itulah beberapa proses pengetesan yang bisa dilakukan pada nosel injektor. –SH–

LEAVE A REPLY