Home Kesehatan

Jika Muncul Ciri Ini, Pertanda Kolesterol Anda Tinggi!

Tanda mudah melihat jika kadar kolesterol Anda tinggi. Apa sajakah itu? Yuk, disimak ulasannya disini!

37
0
SHARE
kadar kolesterol tinggi
source : clinicadvisor

Kolesterol tinggi memang menjadi masalah kesehatan yang paling ditakuti oleh seseorang. Pasalnya, kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh bisa mengakibatkan penyakit stroke. Untuk itulah, sangat penting bagi Anda mencari tahu cara menurunkan kolesterol secara alami ataupun melihat beberapa tanda yang menunjukkan bila kolesterol tubuh semakin tinggi, di antaranya:

  1. Bernapas menjadi lebih sulit. Seseorang yang menderita kolesterol tinggi, bisa menggangu sistem pernapasan. Nah, kondisi ini terjadi karena kolesterol sudah menumpuk di bagian arteri, sehingga membuat penderita merasa sangat sulit untuk bernapas. Di samping itu, jantung pun sudah tidak mampu memompa darah dengan sangat baik, akibatnya membuat oksigen yang masuk ke dalam tubuh tidak mengalir dengan sempurna sehingga mengakibatkan semakin sulit untuk mengatur pernapasan.
  2. Punggung terasa nyeri. Setelah makan, apakah Anda pernah merasakan sakit di bagian punggung? Jika pernah, bisa jadi hal itu menjadi pertanda Anda sedang menderita kolesterol tinggi. Terjadinya kondisi ini diakibatkan karena asupan aliran darah menuju otak tidak cukup, sehingga menyebabkan nyeri di bagian punggung. Rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah muncul gejala tidak nyaman di bagian leher, sering sakit kepala, dan sebagainya.
  3. Keseimbangan tubuh menurun. Kolesterol tinggi juga bisa mengakibatkan keseimbangan tubuh menjadi semakin menurun. Hal ini karena otot kaki maupun tangan tidak mampu lagi menopang tubuh, sebab aliran darah yang mengalir pada kedua bagian tubuh ini semakin berkurang. Tidak hanya itu, kondisi ini juga terjadi akibat dari bagian arteri tidak dialiri oleh aliran darah dengan baik, sehingga mengakibatkan menurunnya keseimbangan tubuh.
  4. Timbul rasa mual dan muntah. Tidak hanya terjadi pada ibu hamil, mual dan muntah juga bisa menjadi pertanda jika kolesterol Anda tinggi. Ini disebabkan sistem pencernaan mengalami gangguan, akibatnya membuat tubuh tidak bisa menerima makanan yang dimasukkan dengan sangat baik. Yang paling buruknya, kondisi ini juga bisa mengakibatkan menurunnya nafsu makan dan merasakan pusing setiap saat.

Selain beberapa poin di atas, tanda kolesterol tinggi juga bisa dilihat dengan cara;

  • Selalu mengalami kesemutan.
  • Emosi sangat tidak stabil
  • Terasa nyeri di bagian dada
  • Tubuh selalu terasa kelelahan
  • Otot bagian kaki menjadi semakin lemah
  • Selalu sakit kepala
  • Wajah memerah.

Itulah beberapa ciri yang menandakan jika kolesterol Anda tinggi. Sayangnya, tidak semua orang mengalami gejala di atas. Bahkan, terkadang seseorang tidak mengalami gejala apapun dan tiba-tiba saja terserang penyakit akibat kolesterol tinggi yang tidak segera teratasi. Itulah sebabnya, ada baiknya Anda secara rutin memeriksakan kadar kolesterol Anda meskipun tidak merasa adanya gejala apapun. Semoga membantu, ya! –SH–

LEAVE A REPLY