Home Teknologi

3 Jenis Layanan dalam Cloud Computing

Di dalam cloud computing ternyata terdapat tiga layanan yang bisa dinikmati. Apa sajakah layanan tersebut? Mari, yuk kita simak pembahasannya disini!

34
0
SHARE

Cloud computing atau dikenal dengan istilah komputasi awan merupakan teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data maupun aplikasi pengguna. Cloud computing ini terdiri dari tiga bagian yakni public cloud, private cloud, dan hybrid cloud. Dengan adanya teknologi satu ini, maka akan memberikan sejumlah manfaat untuk para penggunanya seperti data tersimpan dengan sangat aman, data disimpan secara terpusat, dan sebagainya.

layanan dalam cloud computing
source : google

Setelah mengenal lebih dekat istilah cloud computing, saatnya untuk mengenal jenis layanannya. Apa sajakah layanan tersebut? Yuk, langsung disimak pembahasannya disini! (source: progresstech)

  1. Software as a ServiceSoftware as a Service (SaaS) adalah sebuah layanan di dalam cloud computing, yang mana para pengguna tinggal menggunakan perangkat lunak (software) yang sudah tersedia di dalam fitur ini. Layanan yang diberikan biasanya dalam bentuk social network (facebook, linkedin, twitter), instant messaging (skype, yahoo messenger, facebook messenger, line, twitter messenger, what’s app), dan email public (Hotmail, Gmail, YahooMail).
  1. Platform as a Service. Platform as a Service (PaaS) merupakan layanan pada komputasi awan yang menyediakan platform sehingga memungkinkan pengguna untuk mengembangkan, mengelola, sekaligus menjalankan aplikasi sendiri. Namun, saat menggunakan aplikasi ini, pengguna tidak diharuskan untuk merawat sekaligus membangun infrastruktur yang dimiliki karena biasanya pengoperasian program langsung oleh cloud computing tersebut. Melihat ini, tentu akan semakin memudahkan para pengguna, bukan?
  1. Infrastructure as a ServiceInfrastructure as a Service ialah layanan yang mengharuskan pengguna untuk menyewa infrastruktur IT. Adanya layanan ini, akan memberikan kemudahan kepada pengguna saat memilih berapa jumlah unit komputasi, penyimpanan data, memory, bandwith, dan lainnya yang akan disewa. Biasanya, saat menggunakan layanan ini, pengguna diberikan komputer virtual yang masih kosong atau belum diisi sama sekali, sehingga dengan begini maka pengguna pun tidak diwajibkan lagi membeli komputer fisik. Yang paling menariknya, jika komputer virtual ini sudah terisi penuh, pengguna hanya butuh menambahkan jumlah Ram, CPU, storage dan bisa kembali menggunakan layanan yang diberikan.

Itulah tiga jenis layanan yang tersimpan pada cloud computing. Semoga bermanfaat! –SH–

LEAVE A REPLY