Home Mobil

Jarang Mengganti Oli? Ini Dampaknya Pada Mobil!

Jarang ganti oli pada mobil? Ini dampak yang akan Anda dapatkan!

226
0
SHARE

Sudahkah Anda mengganti oli mobil bulan ini? Jika belum, segera ganti oli mobil Anda dan gunakan oli berkualitas. Seperti diketahui, oli merupakan cairan pelumas yang sangat bermanfaat untuk mobil sekaligus bisa membantu mendukung kinerja mesin mobil. Seiring pemakaian, oli pada mobil ini bisa mengalami penurunan kualitas karena itu sangat dianjurkan untuk menggantinya secara periodik.

dampak buruk jarang ganti oli
source : otodriver

Apabila tidak diganti, tentu bisa menimbulkan dampak buruk pada mobil Anda. Apa sajakah? Langsung disimak! (source: liputan6.com)

  1. Mesin mobil lebih cepat panas. Melansir dari liputan6, fungsi utama oli adalah mendinginkan mesin mobil. Jika oli tidak diganti, tentu kualitas mesinnya menjadi menurun, yang mana bisa menyebabkan mesin lebih cepat panas atau dikenal dengan istilah overheating. Bila ini dibiarkan, tentunya bisa merusak komponen lain pada mobil dan mengakibatkan mobil terbakar. Untuk itu, sebagai pengguna Anda wajib menggantinya secara berkala.
  2. Boros dalam penggunaan bahan bakar. Bahan bakar habis padahal belum lama diisi? Hmm, mungkin penyebabnya adalah karena Anda belum mengganti oli mobil. Oli yang tidak diganti bisa mengakibatkan tarikan mesin menjadi lebih berat. Yang mana, ini berdampak pada penggunaan bahan bakar minyak dan lebih boros. Oleh karena itulah, jangan malas mengganti oli mobil.
  3. Merusak komponen mesin. Dampak lainnya yang bisa dirasakan ketika tidak mengganti oli adalah bisa merusak bagian komponen mesin mobil. Ini terjadi karena kotoran yang menempel pada komponen mesin mobil bisa mengancam komponen silinder, piston, dan bagian lainnya pada mobil. Dan yang paling parah kotoran ini membuat sirkulasi oli menjadi tidak lancar karena itu Anda sangat direkomendasikan untuk rutin mengganti oli ini.
  4. Rugi secara materi. Jika kerusakan yang muncul pada mobil sudah sangat parah, maka terpaksa harus bongkar mesin. Di mana, perbaikan bongkar mesin ini tidaklah sedikit dan lebih mahal dibanding biaya servis. Kalau sudah begini, Anda tentu bisa merugi dan pengeluaran pun bisa meningkat. Oleh sebab itu, sebagai bentuk pencegahan sebaiknya rajinlah mengganti oli pada mobil Anda.

Itu dia dampak buruk yang ditimbulkan jika Anda jarang mengganti oli mobil. So, jangan sampai lupa menggantinya, ya! –SH–