Home Tips & Trick

Jangan Ragu Mengajarkan Si Kecil Memasak, Ini Manfaatnya!

Yuk, Bunda jangan ragu mengajarkan anak memasak sejak dini karena memberikan banyak manfaat!

259
0
SHARE
mengajarkan anak memasak
source : Hello Sehat

Jika tidak sempat berkunjung ke rekomendasi tempat liburan anak di Jakarta, Bunda bisa kok mengajaknya melakukan hal yang menyenangkan di rumah. Misalnya saat Anda membuat kue atau memasak hidangan untuk keluarga, ajak saja anak-anak untuk berpartisipasi. Apalagi kalau anak Anda memang memiliki minat dalam memasak, pasti mereka akan sangat senang diajak membantu di dapur. Selain bisa mengajarkan cara memasak pada anak, lumayan kan pekerjaan rumah Anda bisa jadi sedikit lebih ringan? Apalagi, dengan belajar memasak sejak dini, anak-anak bisa mendapatkan beberapa manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangannya seperti di bawah ini:

  • Menjalin keakraban dengan orangtua

Tak hanya ibu, sang ayah juga boleh lho mengajarkan anak untuk memasak. Saat memberikan arahan, otomatis orangtua harus menjalin komunikasi yang baik dengan anak supaya mereka bisa memahaminya dengan baik. Seiring berjalannya komunikasi, belajar memasak ini pun bisa menjadi sarana bagi anak untuk lebih akrab dengan orangtua.

  • Melatih motorik halus

Jika anak Anda sudah berusia di atas 4 tahun, Anda bisa memberikannya tugas memasak seperti memotong bawang dan memasukan bahan-bahan makanan ke rebusan air tapi tentunya dengan pengawasan Anda. Jangan khawatir, meskipun kegiatan ini berisiko, anak-anak akan belajar melindungi diri dari cedera atau terluka. Selain melatih keberaniannya, kegiatan ini juga bisa melatih motorik halus anak.

  • Melatih konsentrasi dan daya ingat

Meski terlihat sederhana, memasak juga membutuhkan konsentrasi dan daya ingat yang baik. Misalnya saat memasak air, anak-anak harus berkonsentrasi agar tidak terciprat air panas. Kemudian, anak-anak juga harus mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam memasak agar tercipta makanan yang nikmat. Ketika dilakukan secara rutin, anak-anak akan mengingat langkah-langkah tersebut tanpa panduan dari orangtua.

  • Mengembangkan sensitivitas rasa

Saat memasak, anak-anak akan belajar untuk mencampur bumbu dapur dan berbagai bahan lain agar rasanya enak. Saat mencicipi masakan, secara otomatis sensitivitas rasanya pun akan berkembang. Bukan hanya peka terhadap rasa, ia pun bisa lebih peka terhadap tekstur, aroma, dan bentuk makanan.

  • Menambah percaya diri

Setelah anak-anak berhasil membuat masakan yang ia inginkan, sebaiknya biarkan Si Kecil menyiapkan hidangan tersebut sesuai seleranya sendiri. Hal ini akan membuatnya lebih senang dan percaya diri karena berhasil menghidangkan suatu masakan.

Jika Si Kecil memang berminat dan menyukai kegiatan masak memasak, Anda juga bisa mengajaknya bermain di KidZania Jakarta, di tempat bermain sekaligus edukasi ini, anak-anak bisa berperan menjadi pembuat kue dan juru masak, lho. Cukup jelas kan, apa saja manfaat memasak bagi anak? Mulai sekarang jangan ragu untuk mengajak anak memasak ya! (Rima)