Home Rumah

7 Tips untuk Membuat Rumah Terasa Lebih Luas

Mau menciptakan ruangan yang terasa lebih luas, terbuka, dan nyaman untuk ditinggali? Simak tipsnya di artikel berikut, ya!

430
0
SHARE
tips rumah
source : Kara Eads

Pemilihan bahan bangunan yang tepat tentu dapat membantu menciptakan kesan ruang yang lebih luas. Misalnya saja seperti penggunaan kaca sebagai dinding atau partisi, polikarbonat sebagai atap, atau lantai dengan ubin porselen putih dapat membantu memperluas pandangan sehingga ruang terasa lebih lega.

Tentunya, selain memperhatikan bahan bangunan yang digunakan, perencanaan tata letak dan pencahayaan ruangan juga penting untuk menciptakan efek visual yang diinginkan.

Ruang rumah yang luas

Membuat ruangan terasa luas adalah impian banyak orang, terutama bagi mereka yang tinggal di ruangan yang relatif kecil. Bagi Anda yang tengah mengalami hal ini, berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuat ruangan terasa lebih luas dan terbuka:

  • Pilih Skema Warna Terang

Gunakan cat dinding berwarna terang seperti putih, krem, atau abu-abu muda. Warna-warna terang memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan terbuka. Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan skema warna yang seragam di seluruh ruangan untuk mengurangi kontras yang bisa membuat ruangan terasa sempit.

  • Manfaatkan Cahaya Alami

Biarkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan sebanyak mungkin dengan memasang jendela yang besar atau menggunakan tirai transparan. Hindari penghalang seperti gorden tebal atau furnitur yang menghalangi cahaya masuk ke dalam ruangan. Dengan menerapkan ini, kamu sudah menciptakan rumah ramah lingkungan karena bisa menghemat penggunaan lampu sebagai penerangan di siang hari.

  • Gunakan Furnitur yang Proporsional

Pilih furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan. Hindari furnitur berukuran besar dan berat yang bisa membuat ruangan terasa penuh. Sebagai trik, Anda juga bisa menggunakan furnitur multifungsi atau yang memiliki desain terbuka untuk memberikan kesan ruangan yang lebih lapang.

  • Pasang Cermin

Pasang cermin di dinding untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar. Letakkan cermin di dekat jendela atau pintu untuk memantulkan cahaya alami ke dalam ruangan.

  • Kurangi Kepadatan Dekorasi

Kurangi jumlah dekorasi di dalam ruangan. Menggunakan terlalu banyak benda hias atau aksesori dapat membuat ruangan terasa penuh. Pilihlah dekorasi yang sederhana dan minimalis untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

  • Pilih Furnitur Bergaya Terbuka

Seperti yang sudah disinggung di atas, pilihlah furnitur dengan kaki terbuka atau furnitur yang tidak menyentuh lantai secara penuh. Ini akan memberikan kesan ruangan yang lebih terbuka dan lapang. Hindari furnitur yang memiliki dasar atau kaki yang lebar dan tebal yang bisa menghalangi pandangan di sekitar ruangan.

  • Pertimbangkan Tata Letak yang Terbuka

Tata letak ruangan yang terbuka dapat memaksimalkan ruang dan memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Hindari memasang dinding pembatas yang tidak perlu, seperti dinding partisi, untuk mengurasi kesan ruang yang terbatas.

Itu dia 7 tips untuk membuat ruangan terasa lapang. Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat menciptakan ruangan yang terasa lebih luas, terbuka, dan nyaman untuk ditinggali. Jangan ragu untuk bereksperimen dan menyesuaikan tips-tips tersebut dengan gaya dan kebutuhan ruangan Anda, ya!