Home Hiburan

Istana Buku Itu Bernama El Ateneo Grand Splendid

El Ateneo Grand Splendid, toko buku terindah di dunia yang menjadi surganya para pecinta buku.

306
0
SHARE
El Ateneo Grand Splendid
El Ateneo Grand Splendid

Bagi para pecinta buku, toko buku bisa dibilang adalah surga kecil yang nyata ada di dunia. Padahal, toko buku hanya memiliki interior sederhana, dengan rak-rak buku yang berjajar di dalamnya. Nah, bagaimana jika di dunia ini ada sebuah toko buku yang memiliki interior megah dan luar biasa besar layaknya istana? Hmm, penasaran? Setelah membaca artikel ini, para bookworm pastinya akan langsung membeli tiket perjalanan dan juga menyiapkan asuransi perjalanan! Simak artikel selengkapnya 😉

El Ateneo Grand Splendid mungkin tidak pernah terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Namanya pun terdengar asing dan jarang sekali masuk ke dalam daftar kunjungan bagi masyarakat yang hendak berlibur. Terletak di Buenos Aires, Argentina, El Ateneo Grand Splendid merupakan nama sebuah toko buku yang menjadi surganya para pecinta buku. Pada tahun 2008, Guardian malah menobatkan toko buku ini menjadi toko buku terindah di dunia.

Penasaran mengapa El Ateneo Grand Splendid dikatakan sebagai toko buku terindah?

Pasalnya, toko buku ini berdiri di atas bangunan megah yang dulunya difungsikan sebagai teater. Bayangkan saja karpet-karpet merah yang bertebaran, langit-langit tinggi dengan ukiran mewah, hingga tempat duduk berundak berbentuk balkon yang dihiasi banyak lampu. Begitulah gambaran singkat tentang indahnya interior El Ateneo Grand Splendid. Ditambah lagi ribuan rak buku yang disusun sedemikian rupa untuk membuat para pecinta buku semakin terlena.

El Ateneo Grand Splendid berada di kawasan Santa Fe Avenue, Barrio Norte. Toko buku ini beralih fungsi dari teater menjadi toko buku pada tahun 2000. Setelah beroperasi sebagai teater selama 80 tahun sejak tahun 1920, seorang arsitek bernama Fernando Manzone pun mengubahnya menjadi book store. Seluruh isi teater tidak ada yang diubah, termasuk detail ukiran dinding, tirai panggung, hingga pencahayaan auditorium. Fernando hanya menambahkan rak buku, penerangan tambahan, eskalator, dan juga kursi untuk memberi kenyamanan kepada para pengunjung.

Saking besarnya toko buku ini, beberapa pengunjung mengaku pernah tersesat di dalam El Ateneo Grand Splendid. Memang, secara literal, toko buku ini bisa dikatakan sebagai istana. Tidak hanya menjual buku, El Ateneo Grand Splendid rasanya sudah jadi surga yang sebenarnya untuk para pecinta buku!