Home Mobil

Ini Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Mobil tidak bisa distarter? Mungkin beberapa hal ini menjadi penyebabnya. Simak, deh!

48
0
SHARE

Sedang buru-buru mau pergi, tapi mesin mobil tidak mau menyala. Padahal mobil sudah menggunakan oli mobil terbaik setiap kali ganti oli. Tidak hanya itu, mobil juga sudah dilakukan servis rutin setiap waktu. Tapi kenapa masalah ini masih juga terjadi ya?

mobil tidak bisa distarter
source : google

Nah, jika Anda sedang mengalaminya, jangan panik atau mengira perawatan yang Anda lakukan salah. Sebab mungkin saja ada beberapa komponen yang memang sedang bermasalah sehingga harus dilakukan perbaikan atau diganti. Berikut ini adalah beberapa komponen mobil yang bisa menjadi penyebab mesin tidak bisa distarter:

  • Aki

Aki berfungsi sebagai sumber kelistrikan pada mesin mobil. Tanpa adanya aliran listrik yang baik, maka proses yang seharusnya berjalan saat mesin mobil distarter tidak akan normal. Jika aki masih memiliki aliran listrik tetapi lemah, maka mesin akan berbunyi sebentar dan kemudian mati. Namun, jika listrik pada aki ini benar-benar habis, maka mobil tidak akan mengeluarkan bunyi apapun. Untuk masalah ini, sebelum aki benar-benar mengalami masalah biasanya akan memberikan beberapa tanda, seperti mesin yang sulit distarter (tetapi masih bisa menyala), lampu yang mulai redup, suara klakson yang mulai berubah, dan berbagai gejala lainnya.

  • Alternator

Komponen ini merupakan penyalur aliran listrik ke aki. Jadi, ketika komponen ini bermasalah secara otomatis aki tidak akan memiliki listrik yang cukup untuk menjalankan fungsinya. Komponen ini cukup jarang mengalami masalah, tetapi ketika usianya sudah cukup tua maka wajar jika mulai tidak bisa berfungsi secara maksimal. Biasanya masalah pada komponen ini ditemukan pada mobil-mobil tua.

  • Koil

Komponen ini memiliki peran yang sangat penting dalam sistem pengapian mesin. Tegangan listrik yang hanya beberapa volt saja dari aki akan dilipatgandakan oleh komponen ini hingga menjadi ribuan volt dan kemudian dialirkan ke busi. Pada busi akan dihasilkan percikan bunga api yang sangat dibutuhkan di ruang bakar. Ketika komponen ini bermasalah, tegangan listri yang mengalir ke busi tidak akan cukup besar untuk kebutuhan sistem pengapian pada ruang pembakaran, sehingga mesin tidak akan mau menyala.

Jika melihat penyebab di atas, semuanya berhubungan dengan sistem kelistrikan pada mobil. Itulah sebabnya, sangat penting bagi Anda menjaga sistem kelistrikan mobil berjalan dengan baik sehingga tidak akan menimbulkan masalah. Apalagi jika sampai terjadi kebakaran mobil akibat korsleting.

Semoga bermanfaat! (Vita)

LEAVE A REPLY