Home Apartemen

Begini Cara Menjaga Agar Karpet Apartemen Tetap Bersih dan Wangi

Ini dia tips yang bisa diikuti agar karpet di apartemen tetap terjaga kebersihannya dan selalu wangi. Simak, yuk!

34
0
SHARE
menjaga kebersihan karpet
source : google

Banyak pemilik rumah yang melapisi lantai rumahnya dengan menggunakan karpet. Hal ini dimaksudkan untuk membuat ruangan tetap bersih, terlihat lebih rapi, dan juga nyaman untuk diinjak. Ada banyak sekali jenis karpet yang bisa Anda pilih, semuanya bervariasi berdasarkan bentuk dan juga bahan karpetnya. Nah, agar karpet di perumahan Cibubur Anda tetap bersih dan juga wangi, ada beberapa hal nih yang bisa Anda lakukan. Di antaranya:

  1. Pilih-pilih posisi peletakan. Jika Anda hendak menutupi seluruh permukaan lantai dengan karpet, jangan lupa pertimbangkan posisinya. Untuk lantai yang dekat dengan ruang basah (seperti wastafel atau toilet), hindari menggunakan karpet dari bahan bulu atau kain. Sebaliknya, pilihlah karpet yang tahan air dan juga mudah dibersihkan. Begitu juga untuk koridor atau di tempat-tempat yang sering dilalui oleh orang. Dengan demikian, karpet pun akan tetap awet karena disesuaikan dengan posisi peletakannya. Sementara itu, untuk ruang tamu atau ruang keluarga, Anda bisa memilih karpet yang enak untuk diinjak, lembut, dan juga nyaman.
  2. Selalu bersihkan karpet secara rutin. Agar karpet tetap bersih dan juga wangi, buat jadwal untuk membersihkannya secara rutin. Anda bisa menyedot debu di permukaan karpet dengan menggunakan vacuum cleaner dan juga menyapu bagian bawahnya. Sementara itu, agar tetap wangi, Anda bisa mencucinya setiap beberapa minggu sekali dengan pewangi karpet dan juga pembersih. Kalau ada budget lebih, Anda bisa membawa karpet ke laundry untuk dibersihkan.
  3. Waspada dengan bulu hewan. Untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan, maka menjaga karpet ini cukup tricky untuk dilakukan. Sebab potensi karpet kotor akan jauh lebih besar. Mengapa? Pasalnya, bulu-bulu hewan peliharaan sangat rentan rotok sehingga akan sulit dibersihkan jika sudah melekat di karpet. Untuk mengatasinya, Anda bisa membersihkan karpet dan menyedot debunya di pagi dan sore hari, atau membatasi ruang gerak hewan peliharaan sehingga bisa menjauhi area berkarpet.
  4. Langsung bersihkan jika ada noda. Jika karpet terkena noda, jangan tunda lagi: langsung bersihkan noda saat itu juga. Misalnya, si kecil tanpa sengaja menumpahkan susu di atas karpet. Langsung ambil lap kering, tepuk-tepuk di bagian yang tertumpahi susu, dan tekan sedikit agar airnya meresap. Jika nodanya masih tertinggal, langsung bersihkan saja agar bisa cepat hilang.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga agar karpet bisa tetap bersih dan juga wangi. Silakan diterapkan dan semoga membantu, ya!

LEAVE A REPLY