Home Food & Culinary

Yuk Intip Ragam Keju dari Berbagai Belahan Dunia!

Suka makan keju? Yuk, ketahui dulu beberapa jenisnya di bawah ini, check it out!

211
0
SHARE

Ada berapa banyak jenis keju yang sudah kamu ketahui? Lima? Enam? Cheddar, mozzarella, edam, parmesan, atau emmental barangkali sudah sering kamu lihat di supermarket. Terlebih lagi, jenis-jenis keju ini adalah keju yang paling sering digunakan dalam resep olahan keju praktis oleh masyarakat Indonesia.

jenis keju di dunia
source : google

Namun, tahukah kamu bahwa di berbagai sudut lain dunia terdapat ragam keju lainnya? Apa sajakah keju-keju tersebut? Yuk intip keju-keju unik dari negara lain!

  1. Dengan rupa seperti marmer putih-biru, Gorgonzola merupakan satu dari banyak jenis keju yang diproduksi oleh salah satu negara penghasil keju terbesar di dunia, Italia, tepatnya di kota Piedmont dan Lombardy. Gorgonzola merupakan salah satu keju berurat biru tertua yang ada di dunia. Keju ini dibuat secara ekslusif dari susu sapi. Saking eksklusifnya, hanya ada 29 perusahaan susu di dunia yang memiliki sertifikat resmi untuk membuat gorgonzola, lho! Gorgonzola nikmat dimakan dengan anggur, madu, ataupun pistachio.
  2. Keju satu ini berasal dan umum digunakan oleh masyarakat dataran India. Paneer memiliki tekstur seperti keju cottage, yang tidak disimpan dalam waktu lama dan dibuat dengan dadih susu. Keunikan keju paneer adalah esens asam dari makanan lain seperti air jeruk, yoghurt, ataupun cuka ke dalam olahan susu panas. Keju paneer biasanya digunakan dalam makanan khas India yaitu paneer tikka masala.
  3. Keju dari Sipturs ini memiliki rupa putih bersih. Dilansir dari kanal YouTube Food Insider, keju halloumi dulunya dibuat dari susu domba dan kambing. Namun, sekarang keju ini juga kerap dibuat dari susu sapi. Keju ini memiliki cita rasa asin. Uniknya, halloumi bukan dijadikan topping atau bahan pelengkap makanan. Melainkan, keju ini dibakar atau digoreng untuk dimakan begitu saja.
  4. Oaxaca atau Quessilo. Keju oaxaca memiliki warna putih, dengan tekstur setengah keras dan elastis. Keju ini berasal dari Oaxaca, Meksiko. Keunikan keju oaxaca tampak pada penampilannya. Saat diproduksi, oaxaca dibentuk elastis seperti pita panjang sebelum digulung seperti bola. Keju ini biasanya digunakan dalam panganan khas Meksiko seperti quesadilla dan

Wah, ternyata ragam keju di dunia ada banyak sekali, ya? Sudah begitu, penggunaannya pun berbeda-beda. Satu yang sama adalah keju itu nikmat! Setuju?