Home Mobil

Ini, Beberapa Jenis Trailer pada Truk!

Ini dia beberapa jenis trailer yang bisa dipasang pada truk. Apa sajakah itu? Yuk, disimak!

102
0
SHARE

Saat mendengar kata trailer, apa nih yang terlintas di dalam benakmu? Trailer film? Eits, kamu salah, trailer di sini bukanlah yang berhubungan dengan film, melainkan trailer untuk mengangkut barang berat, misalnya seperti mobil, motor, makanan olahan, air, pipa beton berukuran besar, dan sebagainya. Trailer sendiri merupakan sebuah benda tanpa mesin yang ditarik menggunakan truk. Biasanya, trailer ini kerap dimanfaatkan untuk mengangkut barang logistik maupun material, sehingga tidak mengherankan jika beberapa truk logistik memakai media satu ini.

trailer pada truk
source : google

Nah, bicara mengenai trailer truk, ada cukup banyak jenis dari trailer truk ini baik truk berdasarkan jenis atau truk berdasarkan kapasitasnya. Apa sajakah itu? Yuk, langsung dicek pembahasannya, cekidot:

  1. Water trailer. Apakah kamu mengenal water trailer? Water trailer merupakan sebuah wadah pengangkut air minum. Jika dilihat sekilas, water trailer ini terlihat cukup mirip dengan truk pengangkut bahan bakar minyak pertamina. Namun, bedanya trailer ini sedikit lonjong ke bagian atas. Biasanya, water trailer terbuat dari bahan dasar stainless sehingga jauh dari karatan.
  2. Lowboy trailer. Kamu pasti pernah melihat ada truk yang membawa kendaraan di jalan raya? Nah, kendaraan tersebut dibawa dengan bantuan lowboy trailer. Lowboy trailer sendiri berfungsi sebagai media untuk mengangkut kendaraan dalam jumlah besar. Ukuran panjang dari trailer satu ini juga tergantung pada seberapa banyak muatan, ada yang sekitar empat, delapan, enam belas roda.
  3. Mixer trailer. Kenal dengan mixer trailer? Mixer trailer merupakan media untuk mengaduk adonan semen maupun beton yang digunakan untuk mengecor sebuah bangunan. Ukuran dari mixer trailer ini berbeda-beda satu sama lain, ada yang berukuran kecil, sedang, hingga besar. Untuk berat materialnya bisa mencapai 3m3 sampai 7m3.
  4. Drop log trailer. Berbeda dengan sebelumnya, drop log trailer ini biasanya dimanfaatkan untuk mengangkut kayu dari hutan. Trailer satu ini memiliki beberapa tiang penyangga, sehingga pada saat kayu diangkut tidak akan saling berjatuhan.

Selain beberapa trailer di atas, masih ada trailer lainnya, seperti:

  • Fuel Trailer digunakan untuk mengangkut bahan bakar minyak
  • Chemical liquids trailer berguna sebagai media pengangkut cairan kimia
  • Heated asphalt trailer bermanfaat untuk mengangkut cairan aspal
  • Flatbed trailer untuk mengangkut peti kemas
  • Cargo semi-trailer digunakan untuk mengangkut material kontruksi
  • dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat! –SH–