Home Properti

Ini 3 Jenis Material Kusen untuk Rumah

Ini, deretan material yang bisa dijadikan sebagai kusen untuk pintu maupun jendela rumah Anda!

44
0
SHARE

Agar tampilan rumah tampak lebih menarik, Anda pastinya menambahkan kusen untuk jendela serta pintu rumah, kan? Nah, selain dapat mempercantik rumah, pemasangan kusen ini pun ternyata dapat meredam suara yang datang dari luar, loh. Tidak hanya itu, penggunaan kusen pun bisa mengatasi panas yang datang dari sinar matahari, sehingga panas tersebut tidak akan merembet ke dalam rumah Anda. Yang lebih menarik, kusen dijual dengan harga yang sangat terjangkau dengan isi kantong, sama halnya dengan harga kusen UPVC yang dibarendol dengan harga murah.

kusen rumah
source : desain rumah minimalis

Sama halnya dengan kaca yang memiliki banyak jenis, kusen juga terdiri dari beberapa jenis berdasarkan material, yaitu:

  1. Kayu

Seperti yang sangat jelas kita ketahui, kayu memang menjadi material paling andalan untuk rumah. Lihat saja, sangat banyak perabotan rumah yang dibuat dari material satu ini, termasuk di dalamnya pembuatan kusen untuk pintu dan jendela rumah. Ini bukan tanpa alasan, karena kayu sendiri memang bisa diaplikasikan langsung pada rumah modern, tradisional, serta klasik.

Tidak cukup sampai disitu, kayu pun dapat mengatur suhu udara yang datang dari luar, sehingga tidak akan terasa hingga ke bagian dalam rumah. Namun, jika berniat menggunakan kusen yang terbuat dari kayu ini, maka pengguna harus rutin merawatnya karena terkadang ada kayu yang tidak tahan terhadap korosi maupun gigitan rayap.

  1. UPVC

Selain kayu, masih ada material jenis lain yang bisa digunakan untuk kusen rumah, apalagi kalau bukan UPVC. UPVC atau dikenal dengan Unplasticized Poly Vynil Chloride adalah material yang masuk bagian perpipaan, namun dibuat dengan kelenturan yang sedikit lebih keras dibandingkan pipa biasa. Penggunaan UPVC ini pun dapat membuat tampilan rumah tampak lebih cantik, sehingga tidak heran jika banyak yang menggunakannya untuk kusen rumah mereka.

Di samping itu, pemakaian kusen dari UPVC ini memiliki sejumlah kelebihan. Dimana, tahan terhadap korosi, tidak merambat panas, mampu meredam suara dari luar, memiliki banyak warna, dan sebagainya.

  1. Aluminium

Kusen yang terbuat dari aluminium pun banyak digunakan untuk rumah, karena material satu ini mampu menangkis serangan korosi sekaligus rayap. Aluminium ini juga memiliki tekstur yang sangat kuat sehingga cocok dijadikan sebagai material untuk kusen di rumah.

Memang, aluminium ini hanya terdiri dari satu warna saja, namun saat akan diaplikasikan ke jendela rumah pengguna bisa kok menghiasinya dengan banyak warna sesuai dengan keinginan sendiri.

Itulah tiga jenis material yang bisa dipakai untuk kusen rumah. Semoga bermanfaat! –SH–

LEAVE A REPLY