Home Kesehatan

Ini, Cara Mudah Melihat Bayi yang Tercukupi Asupan ASI

Apakah bayi Ibu sudah tercukupi asupan ASI-nya? Langsung cek disini!

52
0
SHARE

Apakah ASI untuk bayi sudah tercukupi? Mungkin, sebagian dari Ibu banyak yang masih kebingungan mencari tahu sebenarnya darimanakah bisa dilihat kecukupan ASI tersebut? Nah, Ibu tidak usah khawatir dengan keadaan ini, karena hanya dengan melihat artikel yang kami tulis ini, maka Ibu pun bisa langsung mengetahui apakah bayi sudah tercukupi asupan air susunya atau belum. Namun, untuk menunjang kecukupan ASI itu, baiknya Ibu selalu rutin mengonsumsi minuman pelancar ASI yang nantinya bisa memperbanyak air susu.

kecukupan ASI untuk bayi
source : hello sehat

Berikut ini beberapa tips mudah mencari tahu bayi yang tercukupi asupan ASI-nya, yang dikutip melalui situs klikdokter!

  1. Berat bayi mengalami peningkatan. Untuk mengetahui ini, Ibu bisa melihat dari usia 1 sampai dengan 3 bulan biasanya kenaikan tubuh bayi hanya sekitar 200 gram perminggu. Akan tetapi, di usia 4 hingga 6 bulan kenaikan tubuh pun akan mengalami peningkatan sebanyak 500 sampai 600 gram. Dan pada saat memasuki usia 7 sampai 9 bulan kenaikannya hanyalah sebesar 350 – 450. Umumnya, untuk berat ideal di usia 10 – 12 bulan.
  2. Payudara Ibu lebih lunak daripada biasanya. Ini disebabkan karena terjadi pengosongan akibat dari bayi selalu menyusu setiap waktu. Itulah yang menjadi penyebab mengapa payudara terasa sangat lunak.
  3. Biasanya, bayi yang ASI-nya sudah tercukupi maka akan terlihat lebih sehat dan cukup aktif. Namun, berbeda dengan bayi yang kekurangan ASI, dimana akan tampak lesu dan sedikit rewel.
  4. Kecukupan ASI dapat dilihat melalui bayi buang air besar minimal sebanyak tiga kali dalam satu hari. Dimana, ini merupakan waktu yang menandakan jika bayi tersebut sehat dan tercukupi asupan ASI-nya.
  5. Bayi menyusu selama dua sampai tiga jam sekali, dan biasanya ini terjadi sekitar minimal delapan kali dalam sehari. Jika jumlahnya kurang dari itu, segera cari tahu penyebab mengapa bayi enggan menyusu.
  6. Apabila bayi memakai popok bayi, maka penggantian popok dilakukan sebanyak 6 sampai delapan kali sehari. Sedangkan, untuk popok buatan yang banyak dijual di pasaran popok diganti sekitar 5 hingga 6 kali dalam sehari.

Itu cara mudah melihat bayi yang sudah tercukupi asupan ASI. Semoga bermanfaat, Bu! –SH–