Home Teknologi

Ingin Mempercepat Koneksi Internet? Ini Tipsnya!

Internet kalian lemot? Begini cara mempercepatnya!

289
0
SHARE

Sudah menjadi hal yang paling umum, jika semua aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat sekarang ini tidak jauh dari yang namanya internet. Tentu saja, dengan adanya penggunaan internet ini, maka masyarakat pun semakin dipermudah ketika hendak melakukan hubungan dengan keluarga maupun teman dekat meski tengah berada di negara yang berbeda. Terlebih lagi, kini banyak provider internet yang menawarkan penawaran paket yang menggabungkan antara TV kabel dan internet, membuat masyarakat pun memilih untuk memasangkan internet di rumah mereka.

internet
internet

Hanya saja, setelah menggunakan internet ini, banyak masyarakat yang mengeluh lantaran koneksi internet yang dipergunakan sangat lambat dan begitu lama jika men-download sesuatu dari internet. Sudah mencoba software yang bisa mempercepat koneksi internet sekalipun, terkadang tidak terlalu banyak membantu. Nah, untuk kalian yang merasa koneksi internetnya begitu lemot, tidak ada salahnya nih mencoba beberapa tips yang akan mempercepat koneksi internet kalian. Berikut diantaranya:

  1. Mengubah pengaturan Bandwith. Bandwith merupakan frekuensi yang digunakan sinyal ketika melakukan transmisi data. Biasanya, frekuensi bandwith yang dijadikan untuk koneksi internet ini hanya sampai dengan 20% saja. Untuk itu, apabila kalian hendak membuat koneksi internet semakin cepat, ada baiknya kalian mengatur ulang angka bandwith hingga semaksimal mungkin. Dengan begini, tentunya koneksi internet di rumah kalian pun akan semakin cepat dan tidak akan pernah lemot lagi.
  2. Mengubah setting-an DNS. Agar internet yang digunakan semakin cepat, kalian bisa mengubah setting-an dari DNS atau disingkat dengan Domain Name System, yang dijadikan sebagai jaringan TCP pada komputer maupun laptop. Di-setting ulangnya DNS, nantinya mampu meningkatkan kembali kecepatan internet hingga 20% dari kecepatan biasanya.
  3. Memilih provider yang sudah kompeten. Untuk mendapatkan koneksi internet yang sangat cepat, kalian seharusnya memilih provider internet yang sudah kompeten dan handal memberikan pelayanan internetnya. Ada baiknya, kalian jangan pernah tergiur dengan provider yang menawarkan harga paket sangat murah, dikarenakan hasil yang diberikan pun biasanya kurang berkualitas.
  4. Menggunakan modem yang memberikan kualitas tinggi. Modem merupakan salah satu perangkat elektronik yang dijadikan sebagai pengubah sinyal komputer dalam frekuensi tertentu, yang nantinya dialiri melalui saluran pada telephone kabel. Modem sendiri memberikan kecepatan koneksi berbeda-beda diantara yang satu dengan yang lainnya, sehingga saat menggunakan modem ini sebaiknya gunakan modem yang berkualitas tinggi dengan kecepatan koneksi sampai 256 Kbps.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian ikuti, apabila ingin mempercepat koneksi internet baik di rumah maupun kantor. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! –SH–